Disdikbud Kabupaten Aceh Singkil Laksanakan Kegiatan Inovasi Sayembara Literasi dan Numerasi Tingkat SD dan SMP

151

ACEH SINGKIL (Aceh) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil gelar Sayembara Literasi dan Numerasi secara Online bagi murid sekolah Sekolah tingkat Menengah Pertama (SMP) dan Tingkat Sekolah Dasar (SD) dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam Pelaksanaan lomba literasi ini dilaksanakan dengan waktu yang berbeda, untuk tingkat SMP dilaksanakan pada tanggal 04 Juli sedangkan untuk tingkat SD dilaksanakan pada tanggal 08 Juli 2023.

Sayembara Literasi dan Numerasi, diikuti sebanyak 110 sekolah tingkat SD dan 43 tingkat SMP, atau 98% dari seluruh jumlah SD dan SMP yang berada dilingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil.

Kegiatan Sayembara Literasi dan Numerasi online ini menggunakan system aplikasi Cerdas Membangun dan Inovatif “Cermin”. System aplikasi ini digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil.

Adapun soal yang disajikan dalam pelaksanaan sayembara literasi dan Numerasi ini merujuk kepada soal “Assesmen Kompetensi Minimum” (AKM) sebanyak 50 butir soal dengan waktu yang disediakan selama 120 menit.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil Junaidi, S.STP, M.Si, dalam penjelasananya mengatakan Sayembara Literasi dan Numerasi ini sebagai media untuk membangun budaya kompetisi bagi siswa sekaligus mengasah kemampuan siswa. Rabu, 13/07/2023.

Dengan memanfaatkan aplikasi system “Cermin” ini kedepan kita akan laksanakan kegiatan lomba olimpiade sains pada setiap bulannya, hal ini dilakukan sebagai sarana pendidikan atau pembelajaran untuk membiasakan anak didik kita membahas soal-soal olimpiade tingkat Nasional, sehingga kedepan kesiapan anak-anak kita jauh lebih matang dalam menghadapi kompetisi sains nasional.

Pj. Bupati Aceh Singkil Marthunis, ST, D.E.A, pada saat pengumuman hasil Sayembara Literasi dan Numerasi menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan keinginan kita bersama untuk memastikan pendidikan di Aceh Singkil berkualitas dan berdaya saing, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membuat sebuah inovasi melalui system aplikasi yang diberi nama Cermin,” tuturnya

“Bahwa system Aplikasi Cermin ini adalah salah satu instrumen untuk mengukur tingkat kualitas pendidikan di Aceh Singkil secara lebih real time dan memberikan masukan secara cepat untuk perbaikan kemampuan literasi dan numerasi. Tambah Marthunis.

Berikut nama – nama pemenang Sayembara Literasi dan Numerasi tingkat Sekolah dasar (SD) untuk juara 1,2 dan 3 yakni :
1. Khalifatul Fathya Abqory dengan jumlah nilai 92 (Sembilan puluh dua) dari sekolah UPTD SPF SD Negeri 1 Rimo
2. Althafunnisa Kayyisah Kaffani jumlah nilai 90 (Sembilan puluh) dari sekolah UPTD SPF SD Negeri 2 Pasar Singkil
3. Duratun Nasywa jumlah nilai 84 (delapan puluh empat) dari sekolah UPTD SPF SD Negeri 2 Pasar

Dan selanjutnya tingkat SMP yang meraih juara 1,2 dan 3, memperoleh nilai yang sama hanya saja dibedakan oleh durasi lamanya dalam meyelesaikan soal-soal, maka berdasarkan durasi yang tercepatlah yang meraih juara pertama dan selanjutnya demikian juga untuk juara harapan 1,2 dan 3 mendapat hal serupa :

1. Hot Maria Novita Zepanya Tumangger nilai 50 (lima puluh) dengan durasi 84 menit dari sekolah UPTD SPF SMP Negeri 4 Gunung Meriah
2. Hadiatul Maghfirah nilai 50 (lima puluh) dengan durasi 86 menit dari sekolah UPTD SPF SMPN 1 Gunung Meriah
3. Izzati Syaza nilai 50 (lima puluh) dengan durasi 89 menit

ikut dihadir dalam kegiatan sayembara tersebut adalah Plt Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan beserta jajaran, para kepala sekolah SD, SMP, beserta para guru penggerak dan siswa- siswi peserta sayembara. (R84)