Nyaris Semiliar: Wakaf yang Dihimpun, BNI Asset Management untuk Dompet Dhuafa

181

JAKARTA ketikberita.com | BNI Asset Management menyerahkan wakaf sebesar Rp775.210.129 (tujuh ratus tujuh puluh lima juta dua ratus sepuluh ribu seratus dua puluh sembilan rupiah), pada Jumat (14/04/2023) kepada Yayasan Dompet Dhuafa yang merupakan sharing fee dari reksa dana pendapatan tetap syariah BNI-AM Dana Dompet Dhuafa yang diluncurkan sejak Juni 2016.

Dana wakaf yang berjumlah setengah miliar lebih tersebut merupakan sharing fee dari produk ini. Wakaf yang mewakili para investor ini diserahkan secara simbolik oleh Putut Endro Andanawarih, Direktur Utama BNI-AM kepada Bobby P. Manullang (GM Layanan Donatur & Retail Wakaf) bertempat di Philanthropy Building, Warung Jati Barat, Jakarta.

Sejauh ini BNI-AM telah dipercaya oleh investor untuk mengelola Asset Under Management (AUM) dari reksa dana tersebut yang sempat menyentuh angka tertinggi di Rp 90,59 miliar* di penghujung Januari 2023.

Total dana kelolaan reksa dana pendapatan tetap berbasis syariah tersebut melengkapi total AUM yang dimiliki oleh BNI-AM yakni Rp 31,01 triliun**. Produk reksa dana ini adalah satu-satunya endowment fund yang bekerjasama dengan Yayasan Dompet Dhuafa dan bisa menjadi jalan keluar bagi investor yang ingin berinvestasi sekaligus berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berbasis syariah (investasi sambil beramal).

Reksa Dana open-end dengan klasifikasi risiko menengah ini termasuk ke dalam investasi yang diperuntukkan bagi segmen investor institusi dan ritel. Reksa Dana BNI-AM Dompet Dhuafa bisa dimiliki dengan minimum investasi cukup dengan nominal Rp10.000. Produk reksa dana ini mempunyai kebijakan investasi min. 80% pada Efek Pendapatan Tetap, Efek Bersifat Utang/Obligasi Syariah, Pasar Uang bersifat Syariah dan termasuk di dalamnya instrumen kas dan atau setara kas.

Di era digitalisasi ini, Reksa Dana BNI-AM Dana Dompet Dhuafa juga dapat di beli melalui platform fintech yaitu Bank BNI, BNI Sekuritas, Ajaib dan Fundtastic dengan nominal top-up yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp. 10. Ribu.

Selain BNI-AM Dana Dompet Dhuafa, BNI-AM juga memiliki produk endowment fund lain yang bekerjasama dengan institusi pendidikan yaitu Reksa Dana pendapatan tetap BNI-AM Makara Investasi (dengan Universitas Indonesia), reksa dana pendapatan tetap ITB Harmoni BNI-AM (dengan Institut Teknologi Bandung), dan reksa dana campuran BNI-AM UGM Progressive Balanced (dengan Universitas Gajah Mada).

BNI-AM merupakan pionir Pelaku Usaha Jasa Keuangan di industri Pasar Modal yang terdaftar dan diawasi OJK. Dirintis sejak 23 Oktober 1995 dan tanggal 7 Juli 2011 BNI-AM melakukan spin off dari BNI Sekuritas sebagai Perusahaan Terbatas. Saat ini BNI-AM menempati 10 besar manajer investasi di Indonesia berdasarkan total jumlah Asset Under Management (AUM).

Sebagai nazhir wakaf, Dompet Dhuafa juga telah memiliki beragam program wakaf yang sudah berjalan dan berkontribusi dalam hal pemberdayaan umat. Dompet Dhuafa sangat konsens membangun sumber daya manusia unggul untuk memutus rantai kemiskinan.

Diantaranya membangun rumah sakiit untuk dhuafa, pendidikan berkualitas untuk dhuafa, pemberdayaan ekonomi, sarana publiik dan infrastruktur sosial lainnya. Serta, Dompet Dhuafa memiliki 7 rumah sakit yang melayani dhuafa secara gratis, selain memiliki sekolah gratis dan beasiswa. (red)

 

Artikulli paraprakTak Hanya Salurkan Bantuan, Safari Ramadan Bobby Nasution Pecahkan Masalah Warga
Artikulli tjetërPTPN III Salurkan Dana Program TJSL Periode Triwulan I Tahun 2023