Nawal Lubis Puji Peran Ibu Topang Perekonomian di Masa Pandemi

215

MEDAN ketikberita.com | Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis memuji peran pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) yang sebagian besar didominasi oleh kaum ibu/perempuan, dalam menopang pemulihan perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19.

“Bapak/Ibu harus berbangga hati, pandemi Covid-19 membuat dampak krisis bagi semua perusahaan yang gede-gede (besar) bahkan ada yang tumbang, tetapi ekonomi Indonesia bisa bertahan berkat UMKM, kalian harus tahu itu dan bangga,” kata Nawal Lubis saat memperingati Hari Ibu, sekaligus menyambut Natal dan Tahun Baru 2023, bersama para pelaku UMKM binaan Dewan Pimpinan Daerah (DPW) UMKM – IKM Nusantara Sumut di FoodCourt Gajah Mada, Jalan Mayjend DI Panjaitan Nomor 124 Medan, Jumat (23/12).

Menurut Nawal, ini menunjukkan bahwa perempuan di Indonesia adalah kaum yang berdaya dan berperan sangat penting untuk perekonomian dirinya, keluarga, bahkan untuk masyarakat. Untuk itu di momen peringatan Hari Ibu menjadi spirit bagi kaum perempuan, selain bisa menjadi ibu yang baik bagi anak dan keluargnya, juga bisa menjadi bagian dari tulang punggung dan garda terdepan ketahanan ekonomi keluarga.

“Selamat Hari Ibu, berikan yang terbaik bagi keluarga, ingat jasa ibu, doakan ibu kita yang telah melahirkan, merawat dan membesarkan kita,” ajak Nawal Lubis.

Pada kesempatan tersebut Nawal Lubis menyerahkan paket bantuan sembako kepada binaan UMKM-IKM Nusantara Sumut yakni Anita Simamora pelaku UMKM binaan asal Kota Medan, Heriati Sembiring pelaku UMKM binaan asal Kota Binjai, Masriani Singa pelaku UMKM binaan asal Kabupaten Deliserdang dan Rikardo Siburian dari komunitas Ojol Grap yang akan merayakan Natal.

“Selamat Natal kepada bapak/ibu yang merayakan, sambutlah dengan kecerian dan kebagaian bersama keluarga,” sebutnya.

Sementara Ketua UMKM – IKM Nusantara Sumut Binsar Simatupang mengatakan UMKM – IKM Nusantara Sumut telah terbentuk di 29 Kabupaten/Kota se Sumut. Saat ini membina 227 UMKM untuk wilayah Kota Medan dan untuk Sumut sebanyak 1.776 UMKM.

Dengan membuat berbagai pelatihan, termasuk pengenalan marketplace, Binsar berharap UMKM Sumut bisa naik kelas, sehingga kehadiran UMKM di Sumut mampu menopang perekonomian Indonesia.

“Ada yang berkata tahun 2023 ekonomi melambat, saya optimis kolaborasi Pemprov Sumut dengan pelaku UMKM ekonomi Indonesia, khusunya Sumut bisa bangkit dan maju,” harapnya.

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Suherman, Kepala Kesbangpol Sumut Ardan Noor, Penasihat DWP UMKM – IKM Nusantara Sumut Lumita Manullang dan mitra UMKM-IKM Nusantara Sumut di antaranya Gojek dan Grap. (er)

 

 

Artikulli paraprakWabup Sabar AS, Lakukan Safari Jumat ke Kecamatan Dua Koto
Artikulli tjetërDukungan kepada AMIR Semakin Luas di Kecamatan Nongsa Batam, Puluhan Ibu dan Bapak Siapkan diri Ikut Pilkada 2024