Muspika Birem Bayeun, Gencarkan Pengontrolan Wabah PMK

37

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Babinsa Koramil 11/Brb Sertu Widodo melaksanakan kegiatan monitoring penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi di wilayah Desa Alue Teh Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur, Rabu (27/7/2022).

Kegiatan ini rutin kita lakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK ) pada hewan ternak.

“Sertu Widodo menjelaskan, sebagai upaya dilakukan Babinsa dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayahnya salah satunya dengan rutin melakukan pendampingan terhadap Peternakan sapi. Karena itu Sertu Widodo berpesan agar para peternak dapat selalu menjaga hewan ternaknya, salahsatunya dengan memberikan pakan yang teratur dan menjaga kebersihan kandang,”ujarnya.

Termasuk juga melakukan pemeriksaan rutin terhadap hewan ternak kepada mantri hewan guna mengetahui kesehatan hewan tersebut, dengan tujuan untuk mencegah Virus PMK dengan melihat langsung hewan ternak kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), sebutnya.

Danramil 11/Brb Kapten Czi Karsono mengatakan, Babinsa diwilayahnya sengaja diturunkan langsung untuk memantau kesehatan sapi disejumlah peternakan yang ada.

“Ini merupakan wujud kepedulian Babinsa dalam menyukseskan ketahanan pangan yang ada diwilayah binaannya. Sekaligus membantu peningkatan ekonomi masyarakat dibidang peternakan,” tandasnya. (AA)