Mobile Customer Service BPJS Kesehatan Dekatkan Pelayanan Untuk Masyarakat

504

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | BPJS Kesehatan selalu berupaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS dengan meluncurkan layanan Mobile Customer Service (MCS). MCS merupakan titik layanan berupa mobil yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, cetak kartu dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Fitra Fahreza menyampaikan bahwa pada prinsipnya MCS dilakukan untuk meningkatkan pelayanan peserta dengan sistem jemput bola, Kamis (1/6/2022).

“Kegiatan MCS merupakan pelayanan keliling yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk kemudahan peserta dalam melakukan pendaftaran JKN-KIS, Prinsipnya adalah untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan dengan konsep jemput bola dengan mendatangi lokasi-lokasi yang jauh dari kantor cabang untuk memberikan layanan kepada para peserta JKN-KIS,”ujar Reza.

Aktivitas MCS dilaksanakan setiap hari Rabu/Kamis/dan hari libur dengan kurun waktu sekali dalam seminggu, dengan sasaran lokasi seperti pasar, desa/ kecamatan, fasilitas kesehatan dan Car Free Day atau acara-acara lain. Khusus pada hari Rabu akan dilaksanakan secara serentak dengan layanan Mobil SIM Keliling dan kegiatan Donor Darah di Lapangan Merdeka Kota Langsa.

Ditemui di lokasi MCS, salah satu warga Kota Langsa, Syafrizal (28), mengaku sangat dimudahkan dengan adanya layanan MCS. Ia berkunjung ke lokasi MCS dengan tujuan pendaftaran Mobile JKN.

“Saya ingin registrasi Mobile JKN, akan tetapi karena nomor telfon saya yang pernah saya laporkan sudah tidak aktif lagi, saya tidak bisa melakukan registrasi tersebut sebab kode verifikasi dikirim ke nomor lama. Saya ingin memperbarui nomor telfon saya ke kantor BPJS Kesehatan akan tetapi kebetulan ada Mobil Customer Servis disini, sehingga saya tidak jadi ke kantor. Kalau bisa mobilnya beroperasional setiap hari, jadi masyarakat yang ada keluhan dengan melihat MCS langsung bisa dibantu tanpa perlu datang ke kantor,”ungkap Rizal.

Ia pun berharap agar BPJS Kesehatan dapat terus melakukan sosialisasi terkait kanal layanan secara lebih luas lagi, sehingga masyarakat dapat memilih layanan yang terbaik untuk mereka sesuaikan dengan kondisi masing-masing. (AA)

Artikulli paraprakKapolres Lhokseumawe Bertemu Dengan Abiya Jeunieb
Artikulli tjetërBocah Dua Tahun Tenggelam Di Saluran Irigasi, Personel TNI Kodim 0104/Atim Bantu Evakuasi