Masyarakat Gembira, Pelayanan di BPN Sergai Semakin Mantap

287

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Pelayanan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), mengalami perubahan dari tahun ke tahun. “Saat ini warga tidak lagi mengalami kesulitan untuk mengurus sertifikat. Pelayanannya sudah baik dan sangat mudah.”

Setiap warga yang datang ke Kantor BPN Sergai langsung disambut dengan baik, disapa sembari senyum. “Pokoknya dilayani dengan baik.” Masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan untuk mengurus sertifikat.

Tentunya perubahan pelayanan ini bisa terus diterapkan dan Saya bangga dengan pelayanan Kantor BPN Sergai sekarang ini. Ungkap Junika Pangaribuan warga Dusun VI Desa Gempolon,Kecamatan Sei Bamban,Sergai, saat ingin mengambil sertifikat tanahnya yang sudah selesai,Rabu (1/2/2023) di Kantor BPN Sergai.

Menurut Junika, dua tahun lalu warga yang mengurus sertifikat di kantor ini sedikit mengalami kesulitan, bahkan sudah selesai kita tidak pernah diberitahu. Tapi, sekarang kita diberitahu oleh pegawai di bagian pelayanan via telepon maupun WhatsApp.

Dan saya kesini karena ada pemberitahuan dari petugas pelayanan bahwa urusan pengukuran surat tanah sudah selesai. “Pelayanan seperti ini baru kali ini saya dapati, kalau dahulu kita tidak pernah dihubungi, sehingga tidak tahu kapan selesai sertifikat tanah yang diurus. Itulah bedanya pelayanan yang dahulu dengan sekarang,jauh lebih baik.” Ucap Junika dengan nada ceria.

Tokoh masyarakat Sergai H. Bahrum Abbas, menilai sudah cukup baik pelayanan terhadap masyarakat dalam urusan sertifikat maupun lainnya di BPN Sergai. Kita berharap hal yang baik ini bisa terus ditingkatkan. “Hindari perbuatan yang tidak sesuai dengan aturan dan bantu masyarakat yang masih kurang paham dalam pengurusan sertifikat maupun lainnya.” Harap Bahrum Abbas.

Kepala Kantor BPN Sergai Ridwan Lubis SH menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dalam pengurusan dokumen sertifikat dapat secara langsung ke BPN Sergai, hindari calon.

Saat ini BPN Sergai sudah menjalankan program yang membantu masyarakat dan tanpa biaya berupa PT SL (Pendaftaran Tanah sistematis lengkap), Distribusi tanah (Redis) dan Lintas sektoral (Lintor).

Nah, dalam waktu dekat ini sebut Kepala Kantor BPN Sergai Ridwan Lubis SH, ada 1650 Sertifikat yang sudah siap melalui program Redis,PT SL 2133 sertifikat dan Lintor 100 sertifikat. Program diatas masih berjalan hingga sekarang ini. Untuk pengurusan sertifikat melalui program PTSL, dalam anggaran setahun. Jelas Ridwan. (red)