Latsar CPNS, Darma Sebut: Jangan Jadi CPNS yang Cengeng

242

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya Memberikan Bimbingan dan Arahan Pada Acara Pembekalan Pelaksanaan Pelatihan Dasar tahun anggaran 2022 bagi CPNS di Lingkungan Pemkab Serdang Bedagai tahun 2019.

Acara yang diselenggarakan itu, bertempat di Aula Sultan Serdang pada, Senin (11/4/2022) juga dihadiri Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sergai Dingin Saragih beserta jajaran dan 104 CPNS 2019.

Darma Wijaya mengatakan bahwa jika ingin mendapat perubahan, semua berawal dari diri kita, tidak akan ada perubahan jika tidak mau berubah. Darma juga mengingatkan bahwa sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) jangan menjadi PNS yang cengeng, kerjakan tugas dengan baik.

Menyinggung penerimaan CPNS, bahwa di era saat ini, untuk menjadi CPNS sudah sangat mudah, “Asal kita pintar, tekun dan mau belajar, serta meminta kepada Allah SWT maka pasti akan kita dapatkan”, ungkap Darma.

Pria yang akrab disapa Bang Wiwik itu, menjelas kan bahwa pendaftaran CPNS tidak dipungut biaya, “Kalian ini merupakan CPNS dengan lulusan murni tes yang diselenggarakan BKN dengan sistem CAT, jadi bukan karena adanya deking atau uang sogokan”, tegas Darma.

Disini adakah yang bayar saat mendaftar CPNS, jika ada akan saya kembalikan…? tanya Darma kepada seluruh peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) 2022.

Dalam kesempatan itu, Darma meminta kepada seluruh CPNS yang hadir agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat sekitar, agar jangan mudah percaya dengan iming-iming yang disampai kan para calo CPNS.

Sebab saat ini, lanjut Darma, untuk menjadi CPNS tidak ada dipungut biaya dengan kata lain hasil dari kecerdasan peserta CPNS itu sendiri.

Latsar CPNS diselenggarakan sesuai dengan peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) nomor 1 tahun 2021.

Penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS bertujuan untuk membentuk PNS profesional yang dibentuk oleh sikap dan perilaku disiplin PNS,nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai kompetensi teknis bidang tugas, sehingga mampu melaksanakan tugas dan peran nya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Pelatihan dasar CPNS ini bukan sekedar melepas titel “C” dari kata CPNS, melainkan sebuah proses untuk menghasilkan tunas-tunas baru dalam rangka pembentukan karakter PNS yang berkualitas dan juga mampu membangun jejaring kerja serta mewujudkan birokrasi yang responsif menuju birokrasi kelas dunia.

Latsar CPNS adalah pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Mengakhiri, Darma Wijaya menyampaikan harapan nya kepada para peserta Latsar CPNS 2022 agar nantinya mampu menjadi birokrasi Dambaan. Birokrasi yang melayani dengan sikap, perhatian dan perlakuan yang prima. (AfGans)