Kota Langsa Siap Dukung Program Kampus Merdeka Unsam

253

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM, mendorong kemitraan bersama Universitas Samudera, guna mewujudkan kampus merdeka.
Selain itu, Marzuki berharap agar Pemerintah Kota Langsa dan Universitas Samudera bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam pembangunan Smart City Pemko Langsa.

Hal ini di sampaikan saat menjadi narasumber pada acara pembukaan rapat kerja Universitas Samudra Tahun 2021 yang dilaksanakan di Halaman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudera dengan tema” Kota Langsa sebagai Smart City dalam program Kampus Merdeka”,Senin (1/2/2021).

Selain Wakil Walikota Langsa, Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil, SH, M.Kn beserta Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Timur yang mewakili Bupati Aceh Timur juga bertindak sebagai pemateri pada acara pembukaan rapat kerja Universitas Samudera Tahun 2021 tersebut.

Pada kesempatan ini Marzuki Hamid memaparkan materi-materi mengenai strategi strategi yang telah dilakukan oleh Pemko Langsa dalam rangka mewujudkan Kota Langsa menuju Smart City atau Kota pintar.

Kepada Seluruh civitas akedemika Unsam dan para tamu undangan lainnya, Wakil Walikota memperkenalkan beberapa aplikasi aplikasi dalam rangka mewujudkan kota langsa menjadi smart city di antaranya adalah portal aplikasi berbasis android yang bernama “Langsa Carong”.

“Dalam Satu Aplikasi Langsa Carong terdapat berbagai macam informasi/ aplikasi yang dapat di akses masyarakat secara langsung melalui smartphone dan di aplikasi tersebut juga terdapat beberapa fitur yang pertama yaitu fitur “Public app” yang didalamnya terdapat Informasi untuk Masyarakat Kota Langsa.yang kedua “E-Goverment” yang merupakan aplikasi yang digunakan di Lingkungan Pemko Langsa dan yang ketiga Website OPD yang berguna untuk membagikan link Website seluruh OPD di lingkungan Pemko Langsa” ujar Wakil Walikota.

Lebih lanjut Ia merincikan menu menu yang terdapat di aplikasi tersebut.
“Kita lihat seperti di aplikasi Public App misalnya terdapat menu informasi informasi mengenai data covid -19, harga bahan pokok,data tower kota langsa,museum kota langsa,Bawaslu Kota Langsa,informasi Hoax di lingkungan Provinsi Aceh,E-RSUD, pramuka ,dan PDAM.

Kemudian di aplikasi E-Government terdapat info mengenai API ,SIMPEG,E-Kinerja ,E-Presensi ,SIAK ,OSS, Air sale, LPSE dan PPID .

Sedangkan Website OPD bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mengakses link berita di OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Langsa.

Marzuki Hamid mengajak Pihak kampus negeri itu, Untuk terus mengembangkan teknologi informasi berbasis digital yang selaras dengan program Pemerintahan Kota Langsa yang telah ia paparkan tadi.

Acara ditutup dengan penandatangan pernyataan Komitmen Dukungan Proposal Kampus Merdeka Universitas Samudra Langsa oleh Wakil Walikota Langsa, Bupati Aceh Tamiang dan Kepala Bappeda Aceh Timur, komitmen ini adalah sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kota Langsa, Aceh Tamiang, dan Aceh Timur terhadap pelaksanaan Program Kampus Merdeka di Unsam. (AA)