Kadis Kominfo Medan, Arrahmaan Pane: Data Perangkat Daerah Haruslah Akurat, Mudah Diakses, dan Dibagipakaikan

176

MEDAN ketikberita.com | Tata kelola data di lingkungan Pemko Medan haruslah menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan.

Ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan Arrahmaan Pane saat menjadi narasumber diskusi panel kegiatan Sosialisasi Indikator Makro Kota Medan Terkini dan Kick off Program Kemudahan Layanan dan Informasi Kegiatan Statistik (Klinik), Selasa (10/10) di Hotel Aryaduta.

Arrahman memaparkan, data ini menjadi bahan pertimbangan, bahkan rekomendasi dalam kebijakan-kebijakan yang akan dihasilkan pimpinan.

“Data dan informasi itu juga dipublikasikan dengan berbagai strategi agar masyarakat mengetahui dengan baik pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah,” sebutnya dalam kegiatan yang diikuti Kepala BPS Enny Nuryani, Kabid Statistik dan Informasi Publik Dinas Kominfo Rizka Firdahlia, serta segenap perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan itu.

Saat itu, Arrahmaan juga memaparkan berbagai upaya yang dilakukan Pemko Medan dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

“Kebutuhan informasi itu dapat diperoleh salah satu satunya melalui portal resmi Pemerintah Kota Medan, portal.pemkomedan.go.id yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Arrahmaan, ada juga aplikasi Medan Smart City (Mercy). Dia menjelaskan, aplikasi ini kumpulan informasi secara sektoral yang diintegrasikan dalam sebuah media yang mudah diakses dan digunakan.

“Kita juga punya kanal informasi, yakni Komin TV. Media yang dikelola Dinas Kominfo ini menayangkan berbagai informasi dengan cara yang dikemas sedemikian rupa agar menarik dan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat,” sebutnya.

Arrahmaan merincikan, program Komin TV yakni Berita Kota Dalam Sepekan, Podcast Kolaborasi Medan Berkah yang mengetengahkan serta membahas program-program di kewilayahan, dan Dara The Explorer yang mengangkat sekaligus mempromosikan produk UMKM Medan.

Selain itu, ada juga program Tips Cerdas Ririn yang memberikan literasi tentang teknologi, Tau Kelen We yang menginformasi tentang kemajuan-kemajuan yang telah dicapai Kota Medan saat ini, dan program Kata Warga Medan yang menampung pendapat warga tentang kinerja Pemko Medan.

“Komin TV juga punya program Kominfo Teknologi. Program ini diisi oleh kepala-kepala bidang di Dinas Kominfo. Di kanal ini mereka berbicara tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tugasnya sekaligus memberikan literasi komunikasi dan informatika kepada masyarakat,” papar Arrahman.

Dia menambahkan, perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan juga memiliki akun media sosial di Instagram untuk menyampaikan publikasi kegiatan, data, dan informasi sektoral.

“Berbagai upaya ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat,” harap Arrahmaan di akhir paparannya. (red)