IAIN Langsa Sosialisasi PMB Jalur SPAN-PTKIN Untuk Kepala Sekolah

161

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Penerimaan Mahasiswa Baru pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa kembali dibuka. Pada kesempatan kali ini, IAIN Langsa mengsosialisasikan kepada Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kota Langsa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN), bertempat di Aula Barat kampus setempat, Kamis (10/2/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 21 SMA sederajat se-Kota Langsa yang diwakili oleh Kepala Sekolah dan Operator Sekolah.

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Langsa Muhibuddin, M.Pd mengatakan dalam sosialisasi ini sekolah diberikan penjelasan mengenai sistem seleksi SPAN-PTKIN agar sekolah dapat memahami proses pengisian data sekolah dan siswa serta dapat mengarahkan siswa dalam proses pendaftaran dan pemilihan program studi.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr.M.Suhaili Sufyan, MA turut hadir dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa IAIN Langsa akan memfasilitasi kebutuhan informasi penerimaan mahasiswa baru bagi sekolah, terutama penerimaan melalui jalur SPAN-PTKIN.

“Di hari pertemuan ini kami akan memfasilitasi sekolah untuk kebutuhan informasi penerimaan mahasiswa jalur SPAN-PTKIN yang mana jalur ini sangat membutuhkan bantuan sekolah agar siswa dapat mendaftar pada kampus PTKIN pilihannya,” ujarnya.

Suhaili menambahkan, ingin menginformasikan bahwa jalur seleksi yang tidak dikenakan biaya pendaftaran ini dapat menjadi salah satu kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi di PTKIN tanpa seleksi tulis namun hanya melalui seleksi nilai rapor,” imbuhnya.

Pada sosialisasi ini juga Operator Sekolah diberi penjelasan oleh panitia PMB IAIN Langsa Noffrizal Zaim, SST dan Syahrial, S.Pd.I mengenai teknis pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan bagian dari tahapan seleksi SPAN-PTKIN dan media yang dapat digunakan untuk mengakses informasi SPAN-PTKIN.

Pada kesempatan ini IAIN Langsa juga memberikan penghargaan kepada sekolah yang berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam menyukseskan PMB IAIN Langsa Tahun 2021 lalu dengan menyumbangkan siswa terbanyak. Sekolah yang mendapatkan penghargaan yakni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Langsa, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Langsa, dan Madrasah ‘Ulumul Qur’an (MUQ) Langsa.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta sosialisasi dan panitia PMB IAIN Langsa. (AA)