IAIN Langsa Gelar Upacara HAB Kementrian Agama Ke-75

147

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia Ke 75 yang berlangsung di halaman gedung Rektorat kampus setempat, Selasa (5/1/2021).

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA selaku Pembina upacara saat membacakan amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, pada kesempatan ini, Menag ingin mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Terakhir, saya juga mengajak kita semua mari mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang, ujar Rektor.

Peringatan upacara berlangsung Khitmad yaitu menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker. (AA)