Humanis, Kasat Lantas AKP Dhoraria Simanjuntak Ajak Warga Taati Peraturan Dalam Berkendara

110

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Kepedulian Polri dalam menegakkan peraturan berlalu lintas terus dilakukan. Ini terbukti dengan adanya pelaksanaan Operasi (Ops) Zebra Toba 2023 yang dilakukan di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 4 hingga 17 September mendatang.

Untuk di Wilayah hukum Polres Tebingtinggi, hari ini tim Satgas Preventif dan Satgas Gakkum Sat Lantas Polres Tebingtinggi yang dikomandoi Kasat Lantas AKP Dhoraria Simanjuntak, S.H, M.H bersama Ipda HST Purba dan tim personelnya terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat pengendara akan pentingnya tertib dalam berlalu lintas. Dimana hingga hari ini, Selasa (12/9/2023), tim yang bertugas masih menemukan pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas sehingga dilakukan penindakan baik teguran maupun penilangan.

Hal ini dibenarkan Kasi Humas Polres Tebingtinggi AKP Agus Arianto dalam keterangan pers kepada media lewat pesan whatsapp.

Dikatakannya, Operasi Zebra Toba 2023 untuk hari ini dilakukan di 2 lokasi, yaitu di Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Imam Bonjol Kota Tebingtinggi dan dilakukan dengan cara humanis agar masyarakat dapat merasa nyaman dalam berkendara dan tim juga memberikan motivasi serta edukasi kepada masyarakat untuk selalu mentaati peraturan dalam berkendara dan berlalu lintas. Namun ada juga yang dilakukan penindakan secara teguran bahkan penilangan, kata AKP Agus.

Lanjutnya, kegiatan operasi Zebra Toba 2023 ini dilakukan atas dasar adanya Surat Perintah (Sprint) Kapolres Tebingtinggi Nomor : Sprin/2461/IX/OPS.1.3./2023, tertanggal 1 September 2023, tentang pelaksanaan tugas operasi Kepolisian kewilayahan Zebra Toba 2023 di wilayah hukum Polres Tebingtinggi.

”Ini dilakukan lantaran masih banyak ditemukan penggunaan sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt” sebut Agus.

Selain itu, personel juga menemukan adanya pengendara sepeda motor yang masih di bawah umur dan mobil pengangkutan yang membawa muatan berlebih dan oleh personel Satlantas juga dilakukan penindakan agar kedepannya para pengendara baik roda 2 maupun roda 4 atau lebih dapat mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan dan kenyamanan dijalan raya, tutur Agus.

Terakhir, Agus menambahkan kalau operasi Zebra Toba hari ini berlangsung aman, tertib, lancar. Personel juga melakukan pengaturan arus lalu lintas serta patroli diseputaran Kota Tebinggtinggi, sehingga lalu lintas berjalan normal terkendali dan tidak terjadi kemacetan, tutup Kasi Humas. (ar)