Gelar Turnamen Sepak Bola IKG FC CUP 2 Tahun 2023 sebagai Ajang Silaturahmi Diaspora Gunungkidul di Jabodetabek

205

JAKARTA ketikberita.com | Bertempat di Stadion Gagak Hitam Bintaro, Badan Pengurus Harian (BPH) IKG bersama IKG FC menggelar Turnamen Sepak Bola IKG FC CUP 2 Tahun 2023”. IKG FC CUP 2 Tahun 2023 ini diikuti oleh 12 kesebelasan yang mewakili 12 IKG Kapanewon dari 18 Kapanewon yang ada, yakni kesebelasan dari Kapanewon Ponjong, Rongkop, Girisubo, Semin, Karangmojo, Nglipar, Wonosari, Gedangsari, Semanu, Patuk dan Paliyan.

Hadir dalam acara yang dibuka langsung oleh Ketua Umum IKG Eddy Sukirman ini di antaranya Ketua 3 IKG Rahmat Sutapa yang membidangi Olahraga, Ketua 1 IKG Aris Suprobo, Ketua 2 IKG Sulardi, Ketua 4 IKG Saimo, Ketua 5 IKG Suyanto, Bendahara Umum IKG Siti Hardjarijah beserta jajaran BPH IKG, Pengurus IKG FC, Para Ketua, Pengurus dan warga IKG Kapanewon maupun korwil IKG.

Ketua Umum IKG Eddy Sukirman dalam acara sambutannya menyampaikan bahwa turnamen IKG FC CUP 2 ini selain ajang silaturahmi juga menjadi ujian sportivitas dengan aturan main yang ada. Untuk pemain, Ketua Umum menggarisbawahi dan berharap bahwa pemain yang bermain dalam turnamen kali ini adalah warga IKG yang tinggal di Jabodetabek.

“Turnamen ini selain menjadi ajang silaturahmi juga ada aturan main yang harus kita hormati bersama, dan perlu saya garisbawahi adalah team peserta yang main, saya berharap bahwa team peserta yang main di Jabodetabek dan tinggal di Jabodetabek. Jadi tidak ada peserta atau kesebelasan dalam turnamen ini yang seenaknya sendiri dengan membawa orang luar atau tim nasional dari luar,” tegas Eddy Sukirman.

Lebih jauh Ketua Umum IKG mengharapkan ajang silaturahmi ini tetap mengutamakan sportivitas dengan menaati aturan main yang telah disiapkan dan disepakati. Hal ini agar IKG tetap jaya dan tidak ada friksi yang terjadi di antara peserta maupun warga IKG di Jabodetabek.

“Tetap utamakan kebersamaan, menang atau kalah kita bersaudara, yang menang akan mendapatkan piala dan juga uang tunai walaupun saat ini uangnya tidak besar, kedepannya semoga ada sponsor yang bisa mendukung acara ini, kemudian juga dalam turnamen ini memperebutkan piala bergilir dari Ketua Umum IKG’ ungkap Eddy Sukirman.

Terkait dengan jumlah kesebelasan yang baru 12 dari Kapanewon yang berjumlah 18, Ketua Umum IKG berharap di turnamen IKG FC Cup 3 nanti dari 18 kapanewon semua dapat mengirimkan kesebelasannya.

Ketua 2 IKG yang membidangi olahraga Rahmat Sutapa menyampaikan bahwa kedepannya IKG FC CUP dengan banyaknya masukan diharapkan akan menjadi lebih baik dan pesertanya seperti yang disampaikan Ketua Umum IKG bisa semua kapanewon ikut.

“Kedepannya saya berharap IKG FC Cup dengan banyaknya masukan akan menjadi lebih baik dan dari sisi peserta semoga dari 18 Kapanewon bisa ikut semua,’ jelasnya

Ada yang menarik dari turnamen IKG FC Cup 2 kali ini, yakni keikut sertaan dari kesebelasan Gedangsari FC. Hal ini disampaikan oleh Ketua IKG Kapanewon Gedangsari, Darwanto. Bahwa demi kejayaan IKG dan menyampaikan pesan kebersamaan bahwa Gedangsari ini ada dan solid untuk IKG, maka dengan susah payah membentuk tim sepak bola yang hanya sekitar 3 minggu.

“Alhamdulillah atas dukungan dari para pembina, penasihat, pengurus dan warga Gedangsari di Jabodetabek, dalam waktu kurang dari sebulan kami dapat membentuk Gedangsari FC. Soal hasil, menang atau kalah bukan tujuan, tapi kehadiran kita, keikutsertaan kita dalam turnamen yang dihelat IKG ini yang terpenting.

Sepak bola ini menjadi ajang silaturahim, saling sapa saling kenal dengan sportifitas yang ada di lapangan, jadi maaf jika kami kadang kritis bukan karena kami apatis tapi kami ingin IKG makin eksis’ jelasnya.

Lebih jauh Darwanto menyampaikan otpimismenya, kedepan Gedangsari FC akan dibentuk secara serius dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk IKG FC, juga dimulai dari keikutsertaannya di turnamen kali ini, IKG Kapanewon Gedangsari akan mendorong Gedangsari FC untuk merangkul semua warga Gedangsari yang ada di Jabodetabek untuk bergabung di Gedangsari FC.

Humas IKG, Tarsih Ekaputra dalam kesempatan yang sama menyampaikan turnamen IKG FC Cup ini sudah yang kedua kalinya dihelat, kegigihan pengurus IKG FC dalam menyiapkan ajang silaturahmi dan kompetisi ini menjadi sangat penting dan harus diapresiasi. Hal ini seperti yang selalu ditekankan Ketua Umum IKG, bahwa IKG ini organisasi raksasa yang mewadahi diaspora Gunungkidul di Jabodetabek.

“Berdiri sejak tahun 1970, kini Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) menjadi organisasi yang sangat besar, karena di dalamnya ada 1600 organ dengan rincian sebanyak 18 Koordinator Kapanewon (Korkap) IKG, 7 Koordinator Wilayah (Korwil) IKG, 144 Koordinator Kelurahan, dan 1431 Koordinator Dusun.

Turnamen IKG FC Cup ini hanya satu dari sekian banyak program IKG seperti belum lama ini IKG melakukan baksos Droping air 250 tangki untuk 222 Dusun di Gunungkidul yang dikomandani oleh Ketua 2 IKG Sulardi dan Ketua 5 IKG Suyanto. Jadi silaturahmi IKG ini lintas batas. Kemudian dalam waktu dekat ini setelah IKG bentuk Koperasi IKG, akan segera dilaunching Travel IKG” Jelasnya. (r/red)