Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nias Barat Mengirimkan Satu Event Unggulan “Festival Pesona Aekhula”

114

NIAS BARAT ( Sumut) ketikberita.com | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada hari Selasa tanggal 01 Maret 2022 resmi luncurkan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 di Jakarta. Ada lima event dari Provinsi Sumatera Utara yang masuk dalam 110 kalender Kharisma Event Nusantara antara lain Festival Pesona Aekhula (FPA), Festival Bunga dan Buah, Toba Caldera World Music Festival, Karo Music Camp dan Gelar Melayu Serumpun, Jumat (04/03/2022).

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si, menginformasikan bahwa menindaklanjuti surat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Nomor 556/08-BPP/2022 tanggal 4 Januari 2022 tentang Permintaan Usulan Event Daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat mengirimkan satu event unggulan yaitu Festival Pesona Aekhula.

Festival Pesona Aekhula sendiri bertemakan The Spirit of Aekhula. Event ini dikemas dengan nuansa budaya mulai dari tampilan budaya, tari-tarian, kerajinan tangan, souvenir maupun kuliner.

Tujuannya melestarikan budaya, menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya, mendorong keterlibatan pelaku usaha ekonomi kreatif dalam pelaksaaan event, meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan inovasi dan kreatifitas masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi wisata.

Pemilihan event yang masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara 2022 berdasarkan proses dan tahapan kurasi yang dilakukan dari pihak Kemenparekraf. Dari 319 formulir event usulan yang diserahkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi se Indonesia, ada 171 usulan event masuk ke tahap kurasi berikutnya. Pada tahap kurasi berikutnya tersebut, setiap penyelenggara event wajib mempersiapkan presentasi dan memaparkannya dihadapan dewan penilai (kurator) tentang event yang diusulkan.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat sebagai penyelenggara event Festival Pesona Aekhula mendapat kesempatan menyampaikan presentasi dihadapan dewan kurator melalui aplikasi zoom pada tanggal 11 Februari 2022.

“Presentasi kita disambut dengan baik oleh dewan kurator, sehingga pada saat launching Kharisma Event Nusantara Festival Pesona Aekhula terpilih sebagai salah salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara. Ada tiga value (nilai) yang menjadi perhatian kurator dalam penilaian event yaitu : (1) Uniqueness atau Keunikan, (2) Environment Friendly atau Ramah Lingkungan dan (3) Event as Leading Sector atau Event Sebagai Sektor Unggulan”jelas Plt. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat.

Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, saat meluncurkan Kharisma Event Nusantara 2022, menjelaskan bahwa Kharisma Event Nusantara merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event yang berkualitas yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, budaya dan tentunya lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Kemenparekraf siap membantu dalam pendampingan, monitoring, konsultasi sebagai upaya agar event-event yang berkualitas pada saat penyelenggaraan event bisa naik kelas. “Kami yakin event-event yang masuk dalam Kharima Event Nusantara 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh penyelenggara event di seluruh Indonesia.

Event ini dapat diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Healthy (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan) secara ketat dan disiplin dengan tetap berkoordinasi dengan satgas dan aparat setempat”, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengakhiri sambutannya. (Wardiy)