Khenoki Waruwu, “Sekitar 12.366 Masyarakat Nias Barat Terbantu Melalui JKN”

331

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Belum sampai setahun menjabat, Kepemerintahan Kabupaten Nias Barat yang dinakhodai Khenoki Waruwu telah meluncurkan 3 program yang menyetuh masyarakat secara langsung.

Adapun program yang diluncurkan antara lain Ambulans gratis Soguna Bazato (bahasa Nias), yang melayani masyarakat 24 Jam. Kemudian di penghujung tahun 2021 Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengumumkan pemberian santunan duka kepada setiap warga Nias Barat yang mengalami duka berupa uang sebesar 2 juta rupiah per orang.

Bulan Januari 2022 kemarin, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu menetapkan nama-nama Calon Penerima bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2022.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program pelayanan kesehatan dari pemerintah khususnya pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui BPJS.

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengatakan pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan Nasional tersebut sebagai wujud keberpihakan kepada masyarakat kurang mampu secara langsung.

“Saya kan lahir dari keluarga yang kurang mampu. Keluh kesah masyarakat kurang mampu pernah saya rasakan, apalagi ketika sakit ingin berobat tetapi tidak ada biaya. Itulah sebabnya, saya selalu berupaya membuat program yang menyentuh masyarakat” ucap Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu ketika ditemui di Ruang Kerjanya, Jum’at (4/3/22).

Dengan dialokasikan dana kurang lebih Rp 5.700.471.200 untuk BPJS Khususnya masyarakat kurang mampu, lanjut Khenoki Waruwu, sekitar 12.366 orang masyarakat Nias Barat terbantu dalam hal pembiayaan kesehatan.

Melalui program ini, ada 12.366 orang masyarakat kita beri kemudahan untuk pembiayaan kesehatannya, pungkasnya. (Wardiy)