Dekranasda Tebing Tinggi Pamerkan Produk UMKM Unggulan Pada Event Jakarta INACRAFT 2023

259

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Ikuti event International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 di Jakarta, Dekranasda Kota Tebing Tinggi bekerjasama dengan pemerintah kota hadirkan stand produk UMKM unggulan kerajinan tangan asli Tebing Tinggi diacara bergengsi terbesar di Asia Tenggara itu.

Pameran Inacraft 2023 yang diselenggarakan sejak 1 sampai 5 Maret 2023 itu di gelar di Jakarta Convention Centre bertemakan ‘From Smart Village to Global Market’ dengan menghadirkan 1.118 UKM dari 1.200 booth ikut serta dalam pameran kali ini, ucap Kadis Kominfo Tebing Tinggi Dedi P. Siagian, S.Sos, M.Si dalam keterangan pers kepada wartawan pada Jum’at (3/3/2023).

Dikatakan Kadis Kominfo bahwa sebanyak 914 merupakan anggota Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) dan 214 non anggota serta 61 peserta lainnya yang merupakan UKM binaan kementerian/lembaga, katanya.

Hadir dan mengikuti langsung pameran Inacraft 2023 tersebut yakni, Pj. Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP didampingi Ketua Dekranasda Ny. Harliaminda Dimiyathi bersama Inspektur dari Inspektorat Kota Tebing Tinggi H. Kamlan, S.H, M.H, Kadis Pendidikan Idam Khalid, S.KM, M.Kes, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kepala Bagian Protokol Nurazizah Rangkuti dan Kabag Pemerintahan Ramadhan Pulungan, sebut Dedi.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP mengatakan ini adalah event besar momen untuk pamerkan produk kerajinan lokal Tebing Tinggi di kancah nasional bahkan internasional.

“Pemerintah Kota Tebing Tinggi pun menampilkan berbagai produk UMKM lokal dari Dekranasda Kota Tebing Tinggi dengan produk unggulan adalah batik Kota Tebing Tinggi dan yang paling laris dibeli oleh pengunjung adalah batik eco-print asal Kota Tebingtinggi. Eco-print ini merupakan batik yang pewarnaannnya menggunakan pewarna alami seperti daun-daunan.

Eco-print ini juga merupakan industri batik ramah lingkungan dan salah satu pewarnanya adalah getah kulit pisang kepok keling, dengan demikian limbah industri kripik kepok keling masih dapat digunakan utk pewarna eco-print. Sementara itu pupuk pohon pisang kepok keling itu sendiri berasal dari limbah air ternak ikan air tawar” tuturnya.

Stand Pameran Dekranasda Kota Tebing Tinggi ini terlihat ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang turut mengadiri kegiatan pameran Inacraft 2023 tersebut. Ketua Dekranasda Kota Medan Ny. Kahiyang Ayu yang juga merupakan Puteri dari Presiden RI Joko Widodo dan Juga Istri dari Walikota Medan Bobby Nasution terlihat ikut mengunjungi stand Pameran Dekranasda Kota Tebing Tinggi, jelas Kadis Kominfo Dedi P. Siagian. (RTP)