Bupati Sergai Lantik 13 Pejabat Administrator dan 102 Pejabat Pengawas

188

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya melantik 13 Pejabat Administrator (Eselon III) dan 102 Pejabat Pengawas (Eselon IV) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai, bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (1/4/2022).

Dalam sambutanya, Bupati Sergai menyampaikan jika pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilaksanakan pada hari ini dimaksudkan untuk melakukan rotasi bagi pejabat lingkungan Pemkab Sergai. Bupati juga menyebut, tujuannya adalah untuk pembinaan dan pengembangan karir serta sebagai upaya untuk melakukan penyegaran terhadap jajaran pejabat administrasi yang ada.

“Promosi dan rotasi di lingkungan birokrasi pemerintahan merupakan hal biasa. Promosi diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemkab Sergai atas prestasi kerja dan kinerja yang telah saudara berikan selama ini. Sedangkan rotasi dilakukan guna memberikan suasana dan tantangan baru, sehingga aparatur tidak terjebak dengan rutinitas sehari-hari yang cenderung membosankan serta untuk menimbulkan motovasi di tempat tugas baru,” terang Darma Wijaya.

Bupati dengan tegas mengingatkan bahwa jabatan akan berakhir dan dipertanggungjawabkan, baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. Konsep inilah yang akan melahirkan seorang pemimpin dengan tingkat kesadaran yang tinggi dan kematangan diri dalam semua sisi.

Ia melanjutkan, ada tiga hal penting yang mesti dimiliki oleh seorang pejabat. Pertama, rendah hati dalam menjalankan amanah. Melihat ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi rendah diri. Dan melihat ke bawah agar lebih bersyukur bukan untuk menjadi tinggi hati.

Kedua, loyalitas dalam menjalankan amanah. Aparatur sipil negara harus tetap loyal dan tegak lurus dalam mendukung kebijakan strategis kepala daerah dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sergai.

“Ketiga, kesediaan menerima dengan lapang dada berbagai kritik yang membangun. Diam jauh lebih elegan dari pada sibuk menghakimi dan mengum bar kesalahan orang lain, kemudian lupa untuk bercermin. Melukis diri kita sendiri tanpa bantuan cermin akan sangat sulit sekali, artinya segala sesuatunya perlu bantuan dari orang lain,” ucap pria yang akrab disapa Bang Wiwiek ini.

Terakhir Bang Wiwiek meminta agar seluruh pejabat yang dilantik melaksanakan tugas pokok dan fungsi jabatan dengan sebaik-baiknya, junjung tinggi kedisiplinan dan profesionalitas. Ia meminta agar semuanya jangan berbuat suatu pekerjaan yang menyalahi aturan dan bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kewenangan, serta tidak memutuskan masalah yang bukan kewenangannya, pergunakan fasilitas sesuai dengan pangkat dan jabatan.

“Berkoordinasi tentang administrasi pertanggung-jawaban kegiatan, mempersiapkan serah terima jabatan dan segala fasilitas dinas, termasuk kendaraan dinas,untuk segera diserah terimakan kepada pejabat pengganti dan tidak dibawa ke tempat bertugas yang baru,” tandasnya.

Adapun Jabatan Administrator yang dilantik adalah sebanyak 13 orang di antaranya Ahmad, S. Pd, M. Si sebagai Camat Pantai Cermin, Samino, S. Pd sebagai Camat Tebing Syahbandar dan Rizki Abdullah Nasution, S. STP sebagai Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab.

Sedangkan untuk jabatan Pengawas adalah sebanyak 102 orang, antara lain Bagus Penara Amru, S. IP sebagai Lurah Melati I Kec. Perbaungan dan Ilham Purnomo, SE sebagai Kepala UPTD Pengelolaan Kawasan Replika dan Kawasan Mesjid Agung pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan.

Ikut hadir dalam pelantikan ini Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, , Asisten Ekbangsos Drs. Nasrul Azis Siregar, dan Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM serta Kepala BKD Sergai Dingin Saragih, S.IP, MM. (AfGans).