Bupati Nias Barat Launching Benih Padi Unggul Bersertifikat “SOGUNA BA ZATO”

198

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Setelah dinyatakan lulus uji laboratorium oleh UPT Sertifikasi Benih TPH Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu melaunching benih padi unggul bersertifikat “SOGUNA BA ZATO”, Senin (30/1/2023).

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu pada saat melaunching Benih Padi Unggul Bersertifikat “SOGUNA BAZATO” mengatakan bahwa penyediaan benih padi unggul bersertifikat merupakan wujud nyata pencapaian salah satu Visi dan Misi pemerintah daerah Kabupaten Nias Barat.
Ia berpesan kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias Barat agar kegiatan penangkaran benih padi unggul terus dilakukan secara berkesinambungan sehingga kebutuhan benih padi unggul bersertifikat dapat terpenuhi di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Bupati Nias Barat mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Tani Sejalan yang telah melaksanakan kegiatan penangkaran benih dengan sungguh-sungguh sehingga telah menghasilkan benih unggul bersertifikat.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias Barat Ernawati Gulo, S.Pd., MM., Ia mengharapkan keseriusan kelompok tani penangkar benih padi untuk terus melaksanakan kegiatan Penangkar Benih Padi karena dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi sumber benih unggul bersertifikat di wilayah Kabupaten Nias Barat dan mendorong kegiatan ekonomi masyarakat/petani.

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan Penangkar Benih Padi Sawah dimaksud merupakan kegiatan yang pertama sekali terlaksana di wilayah Kabupaten Nias Barat, sebagai upaya untuk menghasilkan benih unggul sebagai benih sumber maupun benih sebar untuk menjamin kebutuhan benih bermutu secara berkelanjutan sehingga kebutuhan benih padi tidak perlu didatangkan dari luar daerah Kabupaten Nias Barat.

Penangkaran benih padi bersertifikat tersebut dipanen pada 28 November 2022 di lahan sawah Kelompok Tani Sejalan Desa Gunung Baru Kecamatan Moro’o Kabupaten Nias Barat dengan luas 10 Ha dan varietas yang ditanam yaitu Inpari 32 HDB. Pada saat itu, dihadiri langsung oleh Bupati Nias Barat bersama Kepala OPD.

Diketahui bahwa Varietas Benih Padi Unggul “SOGUNA BA ZATO” tersebut telah dinyatakan Lulus Uji Laboratorium dan telah memenuhi standar mutu sebagai “Benih Unggul Bersertifikat” dengan daya kecambah sebesar 83% dan label berwarna “Biru” sesuai dengan Sertifikat Benih Unggul yang dikeluarkan oleh UPT Sertifikasi Benih TPH Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan launching Benih Padi Unggul Bersertifikat “SOGUNA BA ZATO” dihadiri oleh Kepala Bappelitbangda Kabupaten Nias Barat, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Kabupaten Nias Barat, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kasi Perbenihan Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias Barat serta Kelompok Tani Sejalan. (Wardiy)

Artikulli paraprakTak Kunjung Dibayar Oleh PT Sinabung, Pekerja Memilih Mogok Kerja
Artikulli tjetërKuliner Pasar Lama Mulai Ditata, DPRD Minta Berantas Pungli