Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Kawasan Pantai, Sembari Ikut Bersepeda Santai

150

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Bentang alam berupa garis pantai yang panjang membuat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memiliki potensi pemanfaatan pantai yang besar, terutama dalam hal destinasi wisata.

Fakta tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya ketika menyisir wilayah Pantai Merdeka, Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (13/1/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan sepeda santai dalam mensyukuri Hari Jadi ke-18 Kabupaten Sergai.

“ Apa yang kita laksanakan hari ini bukan sekedar sepeda santai, bukan sekedar jalan-jalan, tapi juga merupakan kesempatan untuk melihat langsung kondisi yang terjadi di pesisir pantai kita,” ucap Bupati Sergai di hadapan para peserta sepeda santai yang antara lain Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Kapolres Sergai AKBP. Dr. Ali Machfud, SIK., MIK, Kepala BPN Sergai Joko Sutari, SH, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Para Kepala OPD, Camat, Ketua IWO Sumut Yudhistira Adinugraha, Ketua IWO Sergai Zuhari beserta jajaran dan para peserta sepeda santai lainnya.

Bupati mengatakan, dari pengamatannya kondisi pesisir Pantai Merdeka sudah mengalami abrasi sehingga diperlukan tindakan penanganan sekaligus preventif agar tidak makin meluas.
“ Hari ini, kita juga laksanakan penanaman pohon mangrove sebagai salah satu solusi yang bisa diambil untuk mengatasi kondisi abrasi. Terima kasih saya ucapkan kepada komunitas pecinta alam dan komunitas sepeda yang ikut terlibat pada kegiatan hari ini,” ucap Bupati yang akrab disapa Bang Wiwiek ini.

Selain persoalan penanganan abrasi, di momen ini Bupati juga berkomentar terkait pelaksanaan program vaksinasi di Kabupaten Sergai yang sudah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan.

“ Kegiatan kita pada hari ini bisa berjalan salah satunya karena capaian vaksinasi sudah melebihi angka minimal. Capaian vaksinasi di Kabupaten Sergai sendiri sudah ada di angka 80 persen. Dengan sinergi dan kerja sama, semoga capaian ini bisa tuntas hingga 100 persen dalam waktu sesegera mungkin,” ucap Bang Wiwiek optimis.

Pada kesempatan yang sama, Bupati tak lupa mengucapkan apresiasi kepada Ikatan Wartawan Online (IWO) Sergai yang juga ikut bersepeda santai bersama dengannya. Ia mengatakan, vaksinasi di Sergai bisa berjalan sukses salah satunya berkat kerja jurnalistik para wartawan IWO yang aktif melakukan publikasi dukungan positif terhadap program vaksinasi di Kabupaten Sergai.

“ Ini bisa jadi contoh bagi organisasi lain atau para insan jurnalis yang ada di Sergai untuk ikut serta mendukung program percepatan penanganan pandemi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Tak hanya kawan-kawan jurnalis, namun semua pihak juga harus ikut serta mensosialisasikan dan menyukseskan vaksinasi karena ini dilandasi kepentingan yang besar yaitu kepentingan bersama,” tandasnya.

Ketua IWO Sergai, Zuhari, di kesempatan ini memuji kinerja Pemkab Sergai di bawah kepemim pinan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan, terutama dalam aspek pembangunan infrastruktur jalan yang pada hari ini bisa dinikmati lewat kayuhan sepeda para peserta.

“ Pembangunan infrastruktur adalah syarat penting dalam peningkatan perekonomian, seperti yang sering diucapkan oleh Bupati: Jalan mulus, ekonomi bagus,” ucap Zuhari.

Ia kemudian mengatakan, kegiatan pada hari ini bertujuan untuk menggugah masyarakat ikut serta melestarikan kawasan pantai dan melindungi dari ancaman abrasi.

“ Semoga makin terus bertambah orang-orang yang peduli terhadap kelestarian pantai di Sergai. Apalagi, ini merupakan salah satu objek wisata yang berpotensi menyumbangkan PAD bagi kabupaten,” tutupnya.

Kegiatan sepeda santai hari ini dimulai dari Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu dan kemudian finish di Pantai Merdeka, Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan vaksinasi Dosis II dengan target 250 peserta. Kegiatan selanjutnya diikuti dengan penyerahan santunan kepada kaum duafa dan ditutup dengan penanaman mangrove di areal Pantai Merdeka. (AfGans)