Bobby Nasution Masak Menu Sehat Cegah Stunting Dari Buku Resep Megawati Soekarnoputri

32

MEDAN ketikberita.com | Wali Kota Medan Bobby Nasution tidak hanya piawai dalam menjalankan roda pemerintahan maupun mengatasi persoalan yang dikeluhkan masyarakat, suami Ketua TP PKK Kota Medan ini ternyata mahir juga dalam memasak. Hal itu dibuktikan saat menghadiri Sosialisasi Aksi Pencegahan Stunting di samping Kantor Kelurahan Bagan Deli Jalan Besar Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Rabu (24/8).

Menantu Presiden Joko Widodo ini memasak dua menu yakni Sop Bola Udang dan Sayur Bening Kelor. Kedua menu ini bukan sembarangan, sebab berasal dari buku resep menu hasil karya Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri berjudul “Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil: Untuk Generasi Emas Indonesia”.

Selain berbiaya murah, kedua menu yang dimasak orang nomor satu di Pemko Medan ini juga kaya akan gizi sehingga mampu mencegah terjadinya stunting. Di samping itu proses memasaknya juga sangat cepat sehingga tidak memakan waktu. Diharapkan, warga yang hadir dalam sosialisasi tersebut dapat mengedukasi masyarakat sehingga memasak menu seperti dalam buku resep tersebut.

Saat memasak, Bobby Nasution didampingi Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH yang dipandu langsung. Usai memakai kain celemek merah, Bobby Nasution dihadapan puluhan ibu-ibu yang hadir membawa anak-anaknya mulai memasak.

Sop Bola Udang merupakan menu pertama yang dimasak. Menu ini berbahan udang yang telah dihaluskan, tepung tapioka untuk membuat bakso, wortel, jamur serta putih telur tanpa menggunakan penyedap. Agar rasa lebih terasa sedap, ditambah dengan kaldu dari jamur. Sedangkan menu ini menggunakan bawah putih dan merica.

Dalam proses memasaknya yang dipandu Wakil Wali Kota Semarang tersebut, Bobby tidak menggunakan minyak goreng untuk menumis, tetapi merebus. Tak sampai 20 menit, menu Sop Bola Udang pun masak. Setelah menempatkannya dalam beberapa tempat, Bobby didampingi Wakil Wali Kota Semarang dan anggota DPRD Sumut dari F PDI P Meryl Saragih SH MH selanjutnya membagikannya kepada sejumlah anak beserta ibunya.

“Masakan Pak Wali enak sekali,” kata sejumlah ibu-ibu usai mencicipi Sop Bola Udang yang baru saja diberikan Bobby Nasution tersebut. “Kami mau minta lagi, Pak Wali,“ imbuh ibu-ibu serentak sambil tertawa.

Bobby Nasution menanggapi permintaan ibu-ibu tersebut dengan tersenyum. “Nanti kita masak lagi ya,” jawabnya seraya mempersiapkan bahan untuk melanjutkan memasak menu yang kedua yakni Sayur Bening Kelor.

Dari namanya, menu ini mengandalkan daun kelor sebagai bahan utamanya. Diketahui, daun kelor kaya akan super gizi dan sangat baik dikonsumsi ibu-ibu yang tengah menyusui. Ditambah lagi daun kelor ini rasanya seperti bayam sehingga enak dikonsumsi. Untuk memasaknya, bahannya hanya daun kelor, jagung dan wortel. Sedangkan bumbunya cukup bawang merah, bawang putih, temu kunci dan garam.

“Memasaknya sama seperti yang ibu lakukan di rumah, gak ada bedanya. Saya harap ibu-ibu yang hadir di sini bisa mencontohnya dan menerapkannya di rumah. Apalagi bahan dan bumbunya mudah didapat serta berbiaya murah. Semoga dengan memasak seperti ini dapat membantu kita mengatasi stunting,” kata Bobby Nasution.

Sementara itu Dr Christie S yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan, semua bahan yang digunakan Bobby Nasution untuk memasak kedua menu itu sudah mengandung gizi, protein baik nabati maupun hewani serta vitamin sehingga sangat layak untuk dikonsumsi. “Yang pasti sebelum memasak, jangan lupa cuci tangan,” pesan Christie. (er)