Program Kampus Merdeka, 56 Mahasiswa dari seluruh Indonesia akan Magang dan Studi Independen Bersertifikat di Dinas Kominfo Kota Medan

48

MEDAN ketikberita.com | Sebanyak 56 mahasiswa dari 19 Universitas seluruh Indonesia akan melakukan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Kantor Dinas Kominfo Kota Medan. MSIB ini merupakan Program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Seluruh mahasiswa ini telah diterima Dinas Kominfo untuk melakukan MSIB selama empat bulan.

Demikian hal ini disampaikan Kadis Kominfo Arrahmaan Pane di Kantor Dinas Kominfo, Rabu (24/8). Didampingi Sekretaris Dinas Erwin Saleh dan Kabid Aplikasi Informatika Ahmad Khaidir, Kadis Kominfo mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah telah lolos seleksi dan diterima magang di Kantor Dinas Kominfo Kota Medan.

“Selamat kepada mahasiswa yang telah lolos seleksi dan diterima magang di Dinas Kominfo. Suatu kebanggaan bagi kami karena menjadi tempat magang para mahasiswa dari Program Kampus Merdeka Kemendikbud,” Jelas Kadis Kominfo.

Dijelaskan Arrahmaan Pane, judul project pada program Magang tersebut adalah Pengembangan Aplikasi Pencegahan Stunting yang terintegrasi ke Smart City Kota Medan. Tentunya judul ini sesuai dengan Program Wali Kota Medan Bobby Nasution yakni penanganan dan pencegahan Stunting.

“Pencegahan Stunting saat ini menjadi fokus Wali Kota Medan Bobby Nasution. Oleh karenanya melalui mahasiswa magang ini kita harapkan akan ada aplikasi pencegahan Stunting yang terintegrasi ke Smart City Kota Medan,” Jelas Arrahmaan Pane.

Sementara itu Kabid Aplikasi Informatika Ahmad Khaidir, selaku penanggung jawab program MSIB Kampus Merdeka angkatan 03 periode 2022 menjelaskan bahwa mahasiswa yang melamar magang berjumlah 631 orang, namun setelah mengikuti seleksi hanya 56 mahasiswa dari 19 universitas seluruh Indonesia yang lolos seleksi dan diterima Dinas Kominfo Kota Medan.

“Seluruh mahasiswa ini akan melakukan Magang di Dinas Kominfo selama empat bulan dari tanggal 18 Agustus 2022 sampai 23 Desember 2022,” Jelasnya.

Selama melakukan Magang seluruh mahasiswa ini akan dibimbing oleh para pementor diantaranya Roni Gunawan, Cendana Wira, Shivi Almas, Ahmad Khaidir, Bachtiar Rivai Nasution dan Tio Robila Hidayat serta Edo Raditya.

Adapun 19 Universitas seluruh Indonesia yang mengirimkan mahasiswa mengikuti program MSIB di Dinas Kominfo Kota Medan adalah Institut Teknologi DEL 6 orang, Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negeri 1 orang, Politeknik Negeri Medan 8 orang, Universitas Andalas 1 orang, Universitas Budi Darma 1 orang, Universitas HKBP Nomensen 1 orang, Universitas Islam Indonesia 1 orang, Universitas Jember 1 orang, Universitas Lambung Mangkurat 1 Orang, Universitas Lampung 1 orang, Universitas Malikussaleh 1 orang.

Selanjutnya Universitas Medan Area 4 orang, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 7 orang, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan 1 orang, Universitas Negeri Medan 3 orang, Universitas Potensi Utama 2 orang, Universitas Prima Indonesia 2 orang dan Universitas Sumatera Utara 14 Orang serta Universitas Terbuka 1 orang. (er)