Bappeda Palas Gelar Musrenbang Perubahan RPJMD 2020 – 2024

89

PADANG LAWAS (Sumut) ketikberita.com | Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Palas menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) guna menyusun draf dalam perubahan perencanaan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2020 – 2024 yang dilaksanakan di Hotel Al – Marwah 07 oktober 2021.

Dalam arahannya Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu menyebutkan salah satu alasan digelarnya perubahan RPJMD 2020 -2024 tidak lain dikarenakan telah banyak ditemukan kekurangan yang sifatnya sangat mendesak untuk dilakukan suatu perubahan data.

“Salah satu hal yang mendesak untuk perubahan RPJMD 2020 – 2024 yaitu dengan adanya wabah virus covid – 19 yang telah melanda negeri ini”, sebut Wabup Kabupaten Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu ketika membuka Musrenbang RPJMD Kabupaten Palas di aula hotel Al – Marwah, sibuhuan, kamis 07 Oktober 2021.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Palas Trianta hadil khoiri dairiyawan mengatakan perubahan RPJMD sebagai penjabaran dari visi dan misi serta perogram kerja Bupati dan Wabup Kabupaten Palas yang bertujuan untuk menetapkan kebijakan dalam pembangunan jangka menengah yang sejalan dengan perkembangan keadaan.

Perubahan RPJMD dapat dilakukan apabila terjadi perubahan yang mendasar, perubahan yang mendasar sebagaimana dimaksud seperti terjadinya bencana alam, goncangan politik, krisis ekonomi, konflik sosial budaya, gangguan keamanan, pemekaran daerah dan masih banyak hal lainnya.

“Perubahan RPJMD itu dilakukan guna mengkoreksi proyeksi dalam indikator makro yang menyangkut pencapaian pembangunan pada aspek sosial dan ekonomi diantaranya dalam pencapaian indeks pembangunan manusia (IPM), pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan dan lainnya”, ucap Kaban Bappeda Palas Trianta. (Rh)