Babinsa Koramil 06/Manyak Payed Dampingi Petani Budidayakan Tanaman Porang

309

ACEH TAMIANG ketikberita com | Sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan diwilayah, tidak hanya memberikan andil dalam ketahanan pangan tapi memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian.

Seperti yang di lakukan oleh Serda Sudarto melaksanakan kegiatan peninjauan tanaman Porang di Pok Tani Mandiri Milik Bapak Suherman luas lahan 5 Rante tanaman Porang merupakan budidaya tanaman yang baru di kembangkan di Desa Sapta Marga, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (06/05/2022).

Dengan perawatan rutin dan pertumbuhan nya cukup bagus memuaskan, sekarang tanaman Porang sudah mencapai tinggi 1 meter rata-rata.

Umbi Porang yang kita ketahui Tanaman ini adalah sejenis Umbi yang dapat dimakan. Diketahui manfaat Porang banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain itu juga untuk pembuatan lem dan jelly,” jelas Babinsa.

Menurut Serda Sudarto, bahwa tanaman ini sebenarnya belum pernah ada. Dan karena masyarakat belum tahu nilai ekonomis, maka belum ada yang membudidayakan secara intensif.

Jadi upaya dalam peningkatan bidang pertanian akan terus kita lakukan agar petani dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan memberikan sumbangsih besar di bidang pertanian. Jadi tidak hanya Padi, Jagung, Karet tapi Tanaman Porang ini akan menjadi komoditi baru di bidang Pertanian,” papar Babinsa.

Mudah-mudahan dengan membudidayakan tanaman Porang ini bisa membantu ekonomi petani serta menjadi motivasi bagi petani disekitar.” pungkasnya. (ABS)

Artikulli paraprakAngin Puting Beliung Hantam 19 Rumah di Sergai Rusak, Bupati dan Ketua TP-PKK Turun Kelokasi
Artikulli tjetërSertu Syamsuardi Sosialisasi Ajak Warga Pakai Masker