Adara Salurkan Bantuan Ramadan Kepada Lebih dari 8 ribu Keluarga di Palestina

59

JAKARTA ketikberita.com | Selama bulan suci Ramadan 1445 H, Adara bersama mitra dan komunitas Adara telah mengirimkan bantuan ke berbagai wilayah di Palestina. Secara total sebanyak 167 keluarga di Al-Quds & Tepi Barat, 334 keluarga di Pengungsian Palestina, dan 7.450 keluarga di Gaza telah mendapatkan manfaat dari bantuan tersebut.

Terbaru, berkejaran dengan kekerasan Zionis yang mengintai, alhamdulillah 100 paket makanan berhasil didistribusikan kepada pada keluarga di Khan Younis, Gaza.

Mengenai kondisi terkini di Gaza, Nurul memaparkan kendala yang dihadapi saat ini: “Distribusi di Khan Younis tidaklah mudah, namun akan tetap kami upayakan. Adapun kendala yang kami hadapi adalah kendala terputusnya jaringan internet dan kondisi keamanan yang sangat kritis,” ungkapnya, “kami kesulitan menghubungi relawan mitra kami di dalam Gaza. Meski begitu Adara berkomitmen akan terus mengirimkan bantuan Ramadan di tengah agresi yang masih berlangsung.”

Pengiriman bantuan bagi keluarga Palestina di Khan Younis diawali dengan menyembelih beberapa domba. Warga setempat ikut membersamai proses penyembelihan dan pemasakan paket berbuka ini. Bagi sebagian besar penerima manfaat, ini adalah hidangan daging pertama mereka sejak agresi genosida Israel 7 Oktober yang masih terus berlangsung hingga saat ini.

“Sejak awal Ramadan Adara sudah mengirimkan bantuan sebanyak 20 tahap melalui beberapa NGO mitra lokal yang ada di Jalur Gaza. Bantuan disalurkan berupa paket makanan berbuka puasa, sembako Ramadan, dapur umum, distribusi air bersih dan hadiah hari raya.” papar Nurul Fitriani, Kepala Divisi Penyaluran Adara Relief International.

Bersamaan dengan penyaluran paket berbuka puasa di Palestina, pada Kamis 21 Maret 2024 Adara bersama Hava Cafe & Resto Bintaro berbagi 200 paket makanan berbuka puasa bagi para pejuang keluarga di bilangan Jakarta Selatan. Paket berbuka dibagikan kepada para pejuang keluarga yang melintasi jalan Hj Tutty Alawiyah, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Semburat senja telah tenggelam. Di saat jalanan mulai terlihat lengang, supir ojek online masih hilir mudik mengantarkan makanan. “Mba, saya mau satu boleh? Belum sempet buka puasa. Baru kena air.” Kata seorang supir ojol yang menyempatkan diri untuk meilipir.

Sementara itu, menanggapi kabar bencana alam yang terjadi di Demak, Semarang dan sekitarnya, Direktur Utama Adara Relief Internasional Maryam Rachmayani mengatakan bahwa dalam waktu dekat Adara akan turut menurunkan bantuan untuk keluarga terdampak bencana banjir.

Sebagai penutup, Maryam mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat memaksimalkan ibadah di hari-hari akhir Ramadan. Semoga selalu dalam jalan perjuangan membela Palestina, dan Adara masih terus membuka peluang Kolaborasi Kebaikan (KOLAK) Ramadan bagi siapapun yang ingin menebar kebaikan di bulan penuh rahmat ini. Semoga Allah terima seluruh ibadah kita di bulan Ramadan ini”. (r/red)