Abdillah Sazaly Dilantik Menjadi Pj. Ketum HMI Cabang Medan

52

MEDAN ketikberita.com | Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (Badko HMI Sumut) resmi melantik dan mengambil sumpah dan jabatan terhadap saudara Abdillah Sazaly Hutasuhut sebagai Pj. Ketua Umum (Ketum) HMI Cabang Medan untuk periode tugas 2022-2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sekretariat HMI Cabang Medan, Jalan Adinegoro No. 15, Kota Medan, tepatnya pukul 21.00 WIB, pada Sabtu malam (11/11/2023) dan dihadiri pengurus dari 19 Komisariat sekawasan serta fungsionaris HMI Cabang Medan.

Adapun pelantikan serta pengambilan sumpah dan jabatan ini dilakukan Badko HMI Sumut telah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi HMI, ucap Sekretaris Umum (Sekum) Badko HMI Sumut Pangeran Siregar kepada media seusai kegiatan berlangsung.

Diterangkannya bahwa ini juga dilakukan sebagai tindaklanjut berkas hasil Pleno sebelumnya serta adanya aduan dari komisariat sekawasan HMI Cabang Medan tehadap pelanggaran etika yang mencederai nama baik organisasi oleh Ketua Umum sebelumnya yakni Ridho Fahrezi yang telah melanggar AD/ART organisasi HMI.

”Ya ini kita lakukan karena ketua umum sebelumnya dianggap gagal dan tidak mampu memenuhi hasil Pleno 1 HMI Cabang Medan. Dimana yang bersangkutan tidak dapat menjalankan roda organisasi sebagai mana mestinya yakni, melaksanakan kegiatan kaderisasi selama 6 bulan, LK 2 Nasional yang menjadi kewajiban cabang tidak dilaksanakan, penjualan inventaris cabang dan tidak menjalankan program kerja dengan efektif selama menjabat,” kata Pangeran.

Selain itu juga lantaran adanya aduan dari komisariat sekawasan HMI Cabang Medan, dimana telah beredar vidio amoral ketua umum sebelumnya diduga telah menciderai nama baik organisasi” ujar Pangeran.

Masih kata Pangeran, terkait hal ini Badko HMI Sumut akan mengantarkan semua berkas-berkas yang diajukan cabang dan berkoordinasi dengan Pengurus Besar (PB) HMI dan juga tim Majelis Pengawas Konsultasi (MPK) PB HMI serta Steering Comitte Kongres HMI untuk segera ditindaklanjuti, tandasnya.

Sementara itu, Pj. Ketum HMI Cabang Medan yang baru dilantik, Abdillah Sazaly mengungkapkan kalau dirinya mengambil amanah ini berkat dorongan 19 komisariat yang sudah resah melihat HMI Cabang Medan yang tidak berfungsi sebagaimana fungsinya yang mendasar yaitu persoalan Perkaderan.

”Ya ini berkat dorongan kawan-kawan dari 19 komisariat, dan untuk perkaderan kami sudah berdiskusi dengan Ketua BPL (Badan Pengelola Latihan) HMI Cabang Medan” Ujar Abdillah.

Sambungnya, organisasi ini sekarang menghadapi tantangan moral yang signifikan dengan harapan untuk pulih dan memperbaiki reputasinya di bawah kepemimpinan baru ini, tandas Abdillah menutup keterangan. (ar)