Presiden Jokowi Membuka Secara Resmi Asian Para Games III Tahun 2018

0
15
Foto : Panah Presiden RI Joko Widodo tepat mengenai sasaran, ketika membuka Asean Para Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno.

JAKARTA ketikberita.com | Setelah sukses menyelenggarakan Asian Games XVIII 2018,kini Indonesia di percaya menjadi tuan rumah Asian Para Games III 2018. Pesta olah raga tingkat benua Asia ini di ikuti para atlet penyandang disabilitas (cacat).

Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung dari tanggal 6 – 13 Oktober 2018 di Jakarta ini, di ikuti 43 negara dari benua Asia. Acara pembukaan yang berlangsung di stadion Gelora Bung Karno Jakarta, di mulai sekitar pukul 19.00 wib di awali defile para atlet atlet peserta Asian Para Games 2018. Kemudian di lanjutkan kata sambutan ketua panitia Asian Para Games III 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari dan Presiden Asian Paralympic Committee Tuan Majid Rashed. Kemudian hening cipta untuk para korban bencana gempa dan tsunami Lombok,Palu,Donggala,Sigi.

Dan di lanjutkan kata sambutan sekaligus pembukaan secara resmi Asian Para Games III 2018 oleh Presiden Jokowi. Yang Sangat mengharukan dalam pembukaan Asian Para Games ini ketika seorang penyandang disabilitas (memakai kursi roda) bernama Bulan tampil di tengah arena pembukaan dan memanggil Presiden Jokowi. Sesi yang melibatkan Presiden Jokowi ini di awali pemutaran sebuah video yang menampilkan seorang penyandang disabilitas cilik bernama Bulan (di perankan oleh Karunia Rudianti).

Dalam video ini, bulan merupakan seorang siswi yang mengisahkan persahabatannya dengan orang orang hebat disabilitas. Bulan dan teman temannya mengirimkan pesan kepada Presiden melalui sebuah kotak.

Cerita ini adalah interpretasi ulang tentang surat yang benar benar di kirimkan oleh Bulan kepada Ptesiden beberapa tahun lalu. Pada akhir video, Bulan bertanya kepada Presiden,”Saya di sini, pak Presiden ada di mana?”.Bulan kemudian muncul di tengah tengah pertunjukan bersama atlet panahan Abdul Hamid.

Presiden Jokowi kemudian turun dari Tribun kehormatan untuk bergabung bersama mereka.Bulan kemudian memberikan kotak yang di bawanya kepada Presiden Jokowi.Ketika di buka oleh Jokowi, di dalam kotak ada huruf huruf yang membentuk kata kata ABILITY.

Ketiganya mengambil posisi lalu menembakkan panah untuk menyulut penghancuran huruf huruf DISABILITY yang terpampang di tengah arena,dan terbentuklah kata ABILITY.Asian Para Games 2018 ini di ikuti 43 negara, mempertandingkan 18 cabang olahraga dan memperebutkan 500 medali yang di ikuti sekitar 3000 atlet atlet di sabilitas.

Pembukaan Asian Para Games di isi juga aksi tarian tarian dari para penyandang Disabilitas.Tanggal 1 Maret 2016 Indonesia menanda tangani kontrak menjadi tuan rumah Asian Para Games III 2018 ini.(Rudi Zulkifli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here