Kadis Kesehatan Padang Lawas : Mari Kita Membangun Kesehatan Dengan Mencegah Penyakit

0
85

PALAS ketikberita.com | Pembangunan Kesehatan Pada Hakekatnya adalah upaya Kesehatan yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yanp setinggi~tingginya.

Kesehatan mencakup upaya ini harus dilakukan dengan terorganisir,terkoordinasi dan sinergis untuk mengatasi berbagai tantangan yang di hadapi. Pembangunan Kesehatan adalah bagian integral dari pembangunan Nasional yang bertujuan mewujudkan cita~cita luhur Bangsa Indonesia,yakni terciptanya masyarakat yang Adil dan Makmur.

Saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan Pola penyakit yang sering disebut transisi Epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes.Hal tersebut diungkapkan Kadis Kesehatan Padang Lawas Lely Ramayulis.

Lanjut Lely dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus di tanggung oleh masyarakat dan Pemerintah, menurunnya produktivitas masyarakat, menurunnya Daya Saing Negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

Derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh faktor yakni Prilaku,Lingkungan,Pelayanan Kesehatan dan Keturunan.Faktor perilaku dan Faktor lingkungan memega peran lebih dari 75 %,dari kondisi derajat kesehatan masyarakat.

Lanjut Lely Rahmayulis bahwa derajat kesehatan masyarakat Indonesia masih harus ditingkatkan yakni beberapa indikator derajat kesehatan masih belum memuaskan,dimana penyakit menular masih merupakan masalah kesehatan yang sangat penting, sedangkan masalah penyakit tidak menular makin meningkat.

Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa,untuk itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan Masyarakat yang lebih baik,gerakan ini perlu dikembangkan kembali sebagai salah satu perwujudan dari Revolusi Mental yang di Canangkan oleh Bapak Presiden Ir Joko Widodo.

Jadi atas nama Pemerintah Kab Padang Lawas menghimbau agar seluruh Masyarakat mari kita laksanakan Gerakan Masyarakat Hidup sehat dengan melakukan Aktivitas fisik,mengkonsumsi Sayur dan Buah setiap hari sekaligus memeriksakan kesehatan secara Berkala. (Dewa Jarlub / Jawa~Arab~Lubis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here