World Cancer Day 2022, Pentingnya Dukungan Mental dan Emosional Bagi Pejuang Kanker

163

JAKARTA ketikberita.com | PT. Kalbe Farma Tbk terus menunjukkan dukungan dan komitmennya dalam mengedukasi masyarakat terkait kanker di Indonesia. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan dalam rangka edukasi ini adalah melalui acara peringatan World Cancer Day. Pada tahun ini, tema yang diangkat World Cancer Day 2022 adalah “Beyond physical: mental and emotional impact”, yang menekankan pentingnya dukungan secara emosional dan mental kepada para pejuang kanker.

Menurut Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, penderita kanker umumnya mengalami berbagai masalah emosional dan mental setelah mendapatkan vonis menderita kanker. “Orang yang terdiagnosa kanker sangat umum mengalami masalah emosional dan mental seperti depresi, gangguan stres pascatrauma, gangguan kecemasan umum, serta gangguan emosional yang parah. Oleh karena itu, tema World Cancer Day 2022 ini sangat relevan dengan komitmen kami untuk mendukung perjuangan para penderita kanker,” ujar Prof. Aru. Ia juga menyatakan peran caregiver sangat penting dalam memberikan dukungan mental dan emosional kepada para pejuang kanker.

Menurutnya, caregiver memiliki peran besar dalam membantu pasien kanker membangun kepercayaan diri agar bisa menjalalani perawatan secara maksimal dan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Dukungan emosional yang kuat dan hubungan cinta dengan pasangan, teman, serta keluarga dapat memberikan dampak positif dalam hidup para pejuang kanker. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya deteksi dini sebagai upaya untuk menurunkan serta mengendalikan faktor risiko kanker.

Shahnaz Haque, survivor dan pemerhati kanker, menyatakan dukungan keluarga dan orang terdekat sangat penting untuk mendukung keadaan mental dan emosional pejuang kanker. “Saat saya divonis mengidap kanker, dunia serasa berhenti dan saya tidak semangat untuk melakukan apapun. Disinilah pentingnya kehadiran orang-orang terdekat yaitu untuk menumbuhkan semangat untuk terus sehat. Membangun kekuatan mental dan emosional tidaklah mudah dan tidak bisa dilakukan sendiri,” ujar Shahnaz.

Meskipun terasa berat namun nyatanya kanker bisa dikendalikan terutama bila pasien atau orang yang memiliki risiko kanker melakukan deteksi secara dini. Pentingnya kesehatan mental pejuang kanker melalui deteksi dini dan nutrisi menjadi salah satu fokus dalam kegiatan World Cancer Day 2022 yang digelar oleh PT.Kalbe Farma Tbk.

“Pada peringatan World Cancer Day 2022, PT. Kalbe Farma melakukan rangkaian kegiatan yang melibatkan 29 rumah sakit cancer center baik swasta maupun pemerintah di 19 kota besar di Indonesia. Kami melakukan kampanye edukasi terkait kanker baik secara online maupun offline. PT.Kalbe Farma juga menghadirkan sebuah ekosistem digital yaitu OneOnco yang memberikan solusi komprehensif bagi kebutuhan pejuang kanker di Indonesia, termasuk deteksi dini, konsultasi online, serta terapi suportif yaitu nutrisi untuk pejuang kanker,” terang dr. Selvinna, M.Biomed, Direktur PT. Global Onkolab Farma, subsidiary of PT. Kalbe Farma Tbk.

Kebutuhan Pasien Kanker akan Nutrisi yang Tepat

Pemenuhan nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang dapat menunjang keberhasilan terapi kanker. Nutrisi yang optimal dapat menghambat terjadinya penurunan berat badan dan infeksi lebih lanjut.

“Penting bagi pejuang kanker untuk mencukupi kebutuhan kalori, protein, omega-3, serta vitaminnya untuk mencegah komplikasi dari pengobatan kanker sekaligus mendukung daya tahan tubuh dalam menjalani perawatan dan pengobatan kanker,” ujar dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi.

Terapi kanker umumnya membuat pejuang kanker sulit untuk makan akibat sariawan atau masalah lain misalnya terkait kesehatan mental dan emosional seperti disebutkan di atas. Peran pendamping menjadi semakin penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosional pejuang kanker, termasuk meyakinkan mereka untuk tetap menjaga asupan nutrisi yang tepat.

Kesulitan mengonsumsi nutrisi padat bisa diganti dengan nutrisi cair sebagai pelengkap maupun pengganti sebelum, selama, maupun sesudah menjalani terapi, misalnya dengan mengonsumsi Nutrican. Nutrican merupakan produk nutrisi kanker pertama di Indonesia yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi pejuang kanker. Nutrican memiliki kandungan penting seperti tinggi Kalori, tinggi Protein, 12 Vitamin dan 8 Mineral, sumber serat FOS, Omega 3, serta rendah Laktosa. Saat ini Nutrican tersedia dalam varian rasa jeruk dan stroberi serta varian yang baru diluncurkan yaitu rasa pisang.

“Hadirnya varian rasa baru ini merupakan bukti komitmen PT. Kalbe Farma untuk terus konsisten berinovasi dan fokus demi memenuhi kebutuhan gizi pejuang kanker,” pungkas dr. Selvinna.