Waspada Cuaca Ekstrem, Anggota DPRD Ajak Warga Kota Tangerang Bebersih Drainase

55

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Anggota DPRD Kota Tangerang dari Fraksi Partai Demokrat Baihakimeminta masyarakat Kota Tangerang mewaspadai cuaca ekstrem, khususnya pada penghujung 2023 dan awal 2024.

Untuk itu, warga diminta rajin memeriksa secara berkala kondisi di sekitar lingkungan guna memastikan kondisinya baik-baik saja.

Hal ini menyikapi imbauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang supaya masyarakat Kota Tangerang melakukan langkah-langkah mitigasi mencegah potensi dampak akibat perubahan cuaca. Seperti, tidak membuang sampah ke saluran air dan memastikan tidak adanya hambatan pada saluran air, sungai atau danau yang ada di sekitar lingkungan. “Misalnya, sistem drainase lingkungan harus bersih dari sampah,”ujarnya, Selasa (05/12/2023).

Dia juga menyampaikan, agar organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Tangerang terkait agar rajin melakukan sosialisasi pencegahan bencana banjir. “Masyarakat harus diedukasi supaya meningkat kesadarannya menjaga kebersihan lingkungan,”ujar anggota wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) III (Cipondoh, Pinang) ini.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan juga mengimbau masyarakat untuk waspada pada potensi pohon tumbang, saat hujan dan angin kencang melanda. “Diimbau untuk tidak berteduh di bawah pohon atau reklame, upayakan berteduh ditempat yang aman, dan selalu berkonsentrasi dan berhati-hati secara penuh saat berkendara,” tegasnya. (mir)