Wakili Indonesia ke Turki, Musa Rajekshah Beri Pesan dan Semangat ke Sakinah Ginting

59

MEDAN ketikberita.com | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi remaja asal Kabupaten Karo, Sakina Ginting (16) yang berhasil mewakili Indonesia tampil di Festival Warisan Budaya Indonesia (FWBI) di Selcuk dan Izmir Turki. Wagub berharap Sakinah Ginting memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menambah wawasan dan mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Sumut.

Sakinah Ginting adalah Runner-up II Miss Global Teens Sumut 2021, Ia kemudian mengalahkan seluruh juara dan runner-up I dan II di seluruh Indonesia dalam quiz yang diadakan oleh Miss Global Kids and Teen Indonesia untuk memilih deligasi Indonesia ke Turki dalam ajang FWBI yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

“Saya sangat senang melihat anak muda, putri dari Sumut unjuk talenta terbaiknya ke internasional. Nanti di sana Sakinah akan mengenalkan budaya Karo dengan tarian, ini sangat bagus dan bawalah cerita-cerita yang baik dari Sumut untuk membantu mempromosikan kalau daerah kita ini banyak tempat-tempat pariwisata yang bagus, budaya yang beragam agar semakin banyak turis datang ke Sumut,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat menerima kunjungan Sakinah ke Rumah Dinas Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, Rabu (6/4).

Ijeck juga berharap Sakinah untuk menggunakan kesempatan ini untuk menambah wawasan sebagai bekal untuk menggapai cita-cita di masa depan. “Turki terkenal dengan budaya, sejarahnya. Nanti di sana juga ada warga dari negara-negara lain, jadikan kesempatan ini untuk menambah wawasan. Pergi ke tempat-tempat sejarahnya, budayanya, gak usah shopping dimana-mana bisa shopping. Tak perlu minder karena dari daerah, justru ini kesempatan terbaik pergunakan dengan sebaik mungkin,” pesan Ijeck.

Ijeck berharap ke depan semakin banyak kesempatan-kesempatan lain yang bisa diraih Sakinah sehingga bisa mengangkat ekonomi keluarga hingga berkontribusi untuk pembangunan daerah, kampung halamannya. “Ke depan pasti akan semakin banyak tawaran, semakin karirnya nanti naik pasti semakin banyak cobaannya jadi harus hati-hati, dengarkan nasihat orang tua dan keluarga yang sudah banyak berjuang. Apalagi ini wajib membawa pendamping dengan biaya sendiri,” ujar Ijeck.

Sementara itu Sakinah, anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Simson Ginting dan Arihta Br Bangun ini mengaku telah mempersiapkan diri untuk ke Turki. Ia pun sudah berlatih selama sebulan untuk pertujukan tarian khas adat Karo, Ari Sitengen-tengen. “Terima kasih atas nasihat, masukan dan dukungan dari Bapak Wagub, semoga nanti saya di sana bisa banyak menambah wawasan seperti apa yang diharapkan Pak Wagub,” katanya.

Sakinah mengaku keluarganya sangat mendukung dirinya untuk terus maju meraih cita-cita. Syarat pendamping yang diwajibkan pun dipenuhi oleh keluarga. “Keluarga saya sangat mendukung, kata Bapa dan Mamak, ikuti aja semua yang bagus nanti uangnya bisa dicari. Berangkat ini saya harus didampingi kakak karena usia saya masih di bawah 17 tahun. Biaya yang dibutuhkan kakak saya untuk bisa berangkat total Rp18 juta. Tapi syukur ada dukungan dari beberapa pihak termasuk Pemerintah Provinsi Sumut, sebelumnya orang tua kepikiran mau jual ladang,” tutup Sakinah.

Sakinah didampingi Kakaknya Imelia Ginting, Pembina Anak Gemilang Indonesia yang juga Regional Director Miss Global Kids and Teen Sumut Rizki Dwi Hartati. (er)