Wakil Walikota Langsa: Pondok Keumuning Jadi Contoh Gampong Tertib Sampah

294

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid, mengharapkan kepada masyarakat Gampong Pondok Keumuning, kec. Langsa Lama, untuk tidak membuang sampah di sembarang ke dalam sungai dan parit serta pinggir jalan.

“Apalagi, saat ini di masing-masing gampong sudah tersedia becak motor Viar, sehingga diharapkan penanganan sampah kedepan bisa maksimal,” sebut Marzuki Hamid, saat mempesijuk atau tepung tawar Becak Motor (Betor) Viar di Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama, Selasa (29/3/2022).

Marzuki Hamid menambahkan dengan adanya betor Viar ini maka penanganan sampah khususnya di Gampong Pondok Kemuning bisa lebih maksimal. Kemudian, dihimbaukan kepada seluruh perangkat gampong untuk tidak bosan-bosan memberi imbauan ataupun pengumuman kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Geuchik, tua peut, imam, kepala dusun dan perngkat gampong harus memberitahukan kepada masyarakat tentang bagaiman membuang sampah yang benar. Ini menjadi tanggungjawab kita semua, sehingga masyarakat benar-benar paham,” ucapnya.

Wakil Walikota Langsa menegaskan dalam hal penanganan sampah menjadi tanggungjawab bersama. Karena, setiap masyarakat mempunyai peran dan tugas serta tanggungjawab dalam menangani sampah.

“Kedepan jika ada sampah dipinggir jalan, jangan beranggapan ini menjadi tanggungjawab Walikota, Wakil Walikota serta Dinas Lingkungan Hidup, tapi itu menjadi tanggungjawab kita semua,”imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Gampong Pondok Kemuning yang telah menyediakan Betor Viar untuk penanganna sampah.

Sebelumnya, Geuchik Gampong Pondok Kemuning, Saiful Azhar, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid, yang telah bersedia hadir untuk mempeusijuk atau tepunh tawar Betor Viar.

Saiful Azhar menjelaskan, pengadaan Betor Viar ini bertujuan untuk menangani permasalah sampah yang ada di Pondok Kemuning. “Dengan adanya Betor Viar ini, dirinya berharap tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” tegasnya. (AA)