Wakil Bupati Sampaikan Laporkan LKPJ Tahun Anggaran 2021 Kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Nias Barat

110

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia M.Si., MM menyampaikan beberapa program prioritas daerah tahun 2021 yang telah terealisasi dan berhasil dicapai yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat Nias Barat.

Kutip dari Kominfo Kabupaten Nias Barat menerangkan bahwa LKPJ Bupati Nisbar Tahun Anggaran 2021 ini berisikan informasi pertanggungjawaban atas pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Derah (RPJMD) tahun 2016-2021 yang berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Nias Barat tahun 2005-2025.

Lanjutnya, seluruh unsur pembangunan daerah berprinsip pada karakteristik ‘Hasambua’ yang telah bersinergi menyelenggarakan program prioritas daerah pada tahun 2021, diantaranya penguatan infrastruktur dasar, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan ekonomi masyarakat dan pemenuhan pangan berbasis komoditas lokal dan peningkatan kinerja birokrasi dan pelayanan publik.

“Puji Tuhan banyak peningkatan kerja yang telah kita lakukan. Diantaranya laju pertumbuham ekonomi meningkat dari 1,66% menjadi 2.26%, indeks pembangunan manusia dari 61,51% menjadi 61,99% dengan indikator (angka harapan hidup dari 68,96 tahun menjadi 69,08 tahun, angka rata-rata lama sekolah dari 6,49 tahun mencapai 6,69 tahun, angka harapan lama sekolah dari 12,95 tahun menjadi 12,94 tahun dan lainnya) .

Bukan hanya itu , jumlah penduduk miskin menurun dari 22.330 orang menjadi 21.750 orang. Sementara tingkat pengangguran terbuka dari 1,71% menjadi 0.74%. Dan banyak hal lainnya,”jelasnya.

Selanjutnya, progran prioritas yang telah berhasil dicapai tahun 2021 diantaranya indeks inovasi daerah kategori inovatif yang berada pada peringkat pertama se kabupaten/kota se-Kepulauan Nias, peringkat kedua se-Kabupaten Provinsi Sumatera Utara dan berada pada peringkat ke 61 se-Kabupaten di seluruh Indonesia Indeks ini meningkat dari Tahun 2020 yang berada pada kategori kurang inovatif.

Penghargaan atas penyaluran bantuan langsung tunai BLT tercepat se-Kepulauan Nias, teralisasinya layanan ambulance gratis 24 jam Soguna Ba Zato yang dapat diakses secara online melalui aplikasi.

Pemberian santunan keluarga duka yang dimulai sejak awal Januari 2022 dan pelaporannya dilakukan secara online aplikasi, telah diterapkannya penggunaan aplikasi NB presensi bagi ASN. Kerjasama pembangunan 3 Tower telekomunikasi , kerjasama penelitian dengan beberapa universitas. Dan Ada pula kerjasama dengan Universitas Terbuka yaitu pendirian Sentra layanan Universitas Terbuka (Salut) yang bertujuan untuk membangun kompetensi sumber daya manusia yang unggul.

Sementara untuk target vaksinasi Covid-19 di Pemkab Nisbar hingga saat ini mencapai, 54% untuk dosis I, 62% untuk dosis II dan 1,8 untuk dosis III. Dan juga telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2021 tentang rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah kabupaten Nias Barat tahun 2021-2026,”jelasnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan dan segenap Anggota DPRD yang senantiasa memberikan dukungan dan kerjasama yang baik dalam bingkai kemitraan yang harmonis selama penyelenggaraan pemerintahan ,pembangunan daerah dan sosial kemasyarakatan.

Dan kepada ASN , pelaku usaha , tokoh masyrakat , unsur Forkopimda, Ormas, jurnalis dan segenap masyarakat Nias Barat dan seluruh pihak yang telah bersinergi dalam pembangunan daerah sehingga dapat terlaksana dengan lancar, kondusif dan bermanfaat bagi kesejahteraan Nisbar,”katanya saat menyampaikan LKPJ Bupati Nias Barat Tahun Anggaran 2021 kepada DPRD Kabupaten Nias di gedung DPRD , Senin (14/3/2022).

Namun ia menyadari masih banyak kekurangan dan keterbatasan yang harus dibenahi. Namun apabila ada sinergisitas dan kerjasama yang baik dari semua pihak , maka kinerja akan lebih meningkat lagi.

“Dengan kerendahan hati perkenankanlah kami memohon maaf atas berbagai keterbatasan terutama dalam ketercapaian kinerja . Oleh karena itu, kami mengharapkan DPRD kabupaten Nias Barat dapat melakukan pembahasan dan memberikan rekomendasi terhadap LKPJ ini, sehingga dapat menjadi bahan dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran serta penyusunan peraturan daerah dan kebijakan strategis kepala daerah. Dengan komitmen bersama kita yakin Nias Barat akan lebih maju,”katanya. (Wardiy)