Tinjau Pelayanan Kesehatan di Puskesmas, Kadis Kesehatan Kota Medan Himbau Kapus Proaktif Mengajak Lansia Agar Mau Divaksin Covid-19

233

MEDAN ketikberita.com | Guna memastikan pelayanan kesehatan di Puskesmas berjalan dengan baik, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Dr. Taufik Ririansyah melakukan peninjauan ke sejumlah Puskesmas di Kota Medan salah satunya di Puskesmas Helvetia, Rabu (5/1).

Dengan melakukan peninjauan secara langsung maka Taufik Ririansyah dapat mengetahui pelayanan apa saja yang harus dibenahi dan di tingkatkan sehingga salah satu dari lima program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution yakni dibidang kesehatan dapat berjalan secara optimal.

Saat melakukan peninjauan tersebut, Taufik Ririansyah sempat berbincang dengan beberapa pasien yang ingin berobat khususnya pasien lansia yang sudah berusia diatas 60 tahun.

Pada saat itu, Taufik menanyakan kepada pasien tersebut ingin berobat penyakit apa?. Lalu pasien tersebut menjawab ingin berobat sakit mata.

Kemudian dengan penuh santun Taufik Ririansyah menanyakan kembali kepada pasien apakah sudah divaksin covid-19?

Ternyata pasien tersebut belum mendapatkan suntikan vaksin dan sangat ingin untuk divaksin.

Dengan sigap, Taufik Ririansyah langsung memerintahkan kepada petugas Puskesmas untuk langsung diberikan suntikan vaksinasi covid-19.

“Pada saat itu ada empat pasien lansia yang langsung berkenan untuk disuntik, saya langsung perintahkan petugas untuk langsung di vaksin “jelasnya menceritakan.

Dari hasil peninjau tersebut, Taufik Ririansyah pun menghimbau kepada seluruh Kepala Puskesmas agar proaktif menanyakan langsung kepada masyarakat khususnya lansia yang sedang berobat apakah sudah divaksin covid-19 ataukah belum.

“Untuk petugas lain saya akui sulit untuk membagi waktu karena harus melayani pasien sesuai tupoksi, namun saya mintakan agar Kepala Puskesmas lah yang menyapa langsung masyarakat yang sedang berobat dan menanyakan apakah sudah divaksin atau belum, khsusnya ini bagi pasien lansia sehingga kita dapat dengan cepat mencapai target vaksinasi lansia.”ujar Taufik Ririansyah.

Sementara itu Taufik Ririansyah juga menjelaskan jumlah lansia yang sudah di vaksin sampai dengan saat ini mencapai 53.79% dari target 60%. Oleh sebab itu berbagai langkahpun telah diambil Dinas Kesehatan Kota Medan agar dapat memvaksin para lansia salah satunya dengan mendatangi langsung rumah warga.

“Kedepan kita juga akan berkolaborasi dengan Disdukcapil untuk mendata lansia kita. Sehingga kita dapat melakukan vaksin berdasarkan by name by addrees.”ungkapnya. (er)