Tim PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara Survey Sumber Air Bersih di Kabupaten Nias Barat

106

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara Kabir Bedi bersama tim menepati janjinya turun langsung ke Nias Barat melakukan survey di beberapa lokasi untuk melihat sumber air yang akan dijadikan sebagai sumber air bersih di Kabupaten Nias Barat, Senin (21/3/2022).

Kedatangannya ke Nias Barat merupakan tindaklajut instruksi Gubernur Sumatera Utara atas permintaan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu untuk penyediaan sarana dan prasarana air bersih di Nias Barat.

Kabir Bedi mengatakan bahwa telah disurvei 4-5 titik di beberapa wilayah di Nias Barat dan dari beberapa titik yang telah disurvei, PDAM Tirtandi melihat bahwa untuk pelayanan air bersih di Ibu Kota Kabupaten Nias Barat sumber airnya akan diambil dari sungai Lahomi.

“Pusatnya nanti dari sungai Lahomi , karena tidak begitu jauh dari Ibu Kota Kabupaten Nias Barat, kira-kira jaraknya hanya sekitar 2 kilo meter. Dan dari situlah akan dibangun Instalasi Pengelolan Air Minum (IPAM) mini dan pembuatan Water Treatmen Plant (WTP) Mini menggunakan anggaran 2023,”katanya saat bertemu Sekda Prof. Fakhili Gulo .

Lanjut Kabir, melalui kehadiran PDAM Tirtanadi di Nias Barat akan dilakukan upaya cepat, salah satunya yaitu pembangunan sumur bor dengan kapasitas sekitar lebih kurang 10 liter per detik yang akan melayani sekitar lebih kurang 600 – 800 pelanggan.

“Tetapi nanti di dalam pembangunan jaringan itu akan bekerjasama dengan Pemkab Nias Barat, dimana akan dibangun bertahap, tahun pertama di 2022 sebanyak 300 pelanggan dan selanjutnya akan didiskusikan dengan Pemerintah Nias Barat. Intinya akan dibangun secara bertahap setiap tahunnya,”jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kehadiran Tirtanadi di Kabupaten Nias Barat karena Tirtanadi milik Provinsi Sumatera Utara dan Nias Barat adalah bagian Sumatera Utara, sehingga sesuai amanah dan pesan dari Gubernur, Wakil Gubernur dan DPRD Sumatera Utara, PDAM Tirtanadi harus hadir memberikan pelayanan bagi masyarakat Nias Barat.

Sekretaris Daerah Nias Barat, Prof. Fakhiki Gulo, mewakili Pemerintah Daerah Nias Barat sangat menyambut baik dan mengapresiasi respon nyata PDAM Tirtanadi yang turun langsung melihat kondisi Nias Barat.

“Kita patut bersyukur sekali karena pada hari ini kita didatangi langsung oleh Direktur PDAM Tirtanadi Sumatera Utara, ini merupakan tindaklanjut dari pembicaraan Bupati Nias Barat kepada Gubernur Sumatera Utara untuk membantu penyediaan sarana dan prasarana air bersih di Nias Barat. Kita sudah turun langsung bersama dengan PDAM Tirtanadi melihat sejumlah titik. Dan selanjutnya kita percayakan kepada Tirtanadi untuk mengambil keputusan sumber-sumber air mana saja yang akan digunakan untuk dialirkan di Kabupaten Nias Barat ini. (Wardiy)