Terkait dugaan Korupsi Sistem Pelayanan, Ombudsman Banten Diminta Turun Tangan Periksa Puskesmas Kresek & Dinkes Kab. Tangerang

250

KAB. TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Adanya temuan dugaan Korupsi Pelayanan yang berbau bisnis di Puskesmas Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang, yang telah viral di banyak media online dituding menjadi cermin buruk bagi Dinas Kabupaten Tangerang, Sabtu (20/05/2023).

Ketau DPD LSM PENJARA PN Banten, Rahmat Suteja kepada awak media mengutarakan indikasi dugaan korupsi pelayanan di Puskesmas Kresek

“Melalui Kajian dan Analisa kami, terdapat dugaan korupsi pelayanan dan bau bau bisnis di Puskesmas Kresek, hingga warga ada trauma bersalin di Puskesmas Kresek, akan hal ini kami meminta Kepada Ombudman Banten untuk turun tangan periksa sistem pelayanan yang ada di Puskesmas Kresek dan Dinas Kesehatan, standart Pelayanannya sudah sesuai atau belum dengan Permenkes?” tuturnya.

Salah seorang Warga Talok berinisial SN (35) yang baru saja bersalin mengatakan “Saya punya BPJS, rutin setiap bulan saya cek kehamilan, belum pernah saya USG di Puskesmas Kresek, Petugas ngarahkan USG di Bidan Yani (swasta-red), bayar Rp.100.000,_ saya trauma bersalin di Puskesmas Kresek, pernah waktu anak kedua saya, dirujuk ke RS Umum Tangerang, mental saya down kala itu, Alhamdulillah anak saya lahir secara Normal, maka nya saya trauma, begitu juga dengan ibu ibu dikampung saya lebih memilih bersalin diklinik, gak papa bayar yang penting saya nyaman”ungkapnya.

Fahrur Rozi selaku Kepala Divisi Analisa DPD LSM PENJARA PN Banten menerangkan “Hampir semua warga Desa Talok yang baru beberapa bulan bersalin enggan bersalin di Puskesmas Kresek dengan alasan pelayanan yang kurang nyaman, masyarakat lebih memilih Klinik swasta yang berbayar, tentu hal tersebut mencerminkan betapa buruknya pelayanan di Puskesmas Kresek itu, atau jangan jangan sengaja meminimalisir atau mengkorupsi pelayanan karena adanya dugaan kerjasama bisnis antara Klinik dan Puskesmas? tadi juga kami temukan juga banyak para Lansia di Lantai 2 Puskesmas, para lansia harus tertatih tatih naik tangga, miris saya melihat sistem pelayanan di Puskesmas Kresek itu, sangat buruk”tuturnya.(Tio/Er)