Sosialisasi Instruksi Bupati Tentang Program Stop BABS di Kabupaten Nias Tahun 2024

13

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Pelaksanaan Sosialisasi Instruksi Bupati Nias Tentang Program Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kabupaten Nias Tahun 2024, bertempat di Aula Gido Lantai III Kantor Bupati Nias, Selasa, 17 September 2024.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias, Selekta Etika Gulo, SST melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tentang perilaku hidup sehat dengan harapan mampu meningkatkan kualitas sanitasi, mempercepat pencapaian desa stop BABS di Wilayah Kabupaten Nias.

Arahan Bupati Nias yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Nias Samson P. Zai, S.H., M.H., menyampaikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan pertemuan Sosialisasi Instruksi Bupati Nias Tentang Program Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kabupaten Nias Tahun 2024 yang menjadi sebuah wadah untuk menyatukan persepsi dan upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Sehat, Meningkatkan Akses dan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan yang Efektif dan Efisien, Memenuhi Kebutuhan Masyarakat akan Pelayanan Kesehatan untuk Mewujudkan Pengembangan serta Pemanfaatan Teknologi Kesehatan yang Berkelanjutan. Selain itu, Program Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Nias bertujuan untuk Mempercepat Pencapaian Desa ODF (Open Defecation Free) di Wilayah Kabupaten Nias.

Di sisi lain, penggunaan air dan sarana sanitasi yang tidak aman dan layak dapat menyebabkan terjadinya penyebaran penyakit infeksi berbasis lingkungan seperti Diare, Disentri, Kolera, Hepatitis, Penyakit Kulit dan lain-lain. Kejadian penyakit infeksi sering berulang karena sumber penyakitnya tidak dihilangkan yang dapat menyebabkan gangguan kecukupan gizi kronis untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Jika kekurangan asupan gizi kronis terjadi pada ibu hamil dan bayi, maka dapat menyebabkan terjadinya stunting pada anak balita. Resiko terberat dari kejadian stunting yaitu gangguan perkembangan pada otak yang akan menyebabkan rendahnya kemampuan dan fungsi otak.

“Hal ini merupakan ancaman utama pada kualitas manusia Indonesia, yang berdampak terhadap kemampuan daya saing bangsa. Tersedianya akses air minum, sanitasi aman dan layak dapat memberikan kontribusi pada perbaikan status kesehatan, terutama kesehatan perempuan dan anak. Ketersediaan air minum dan sanitasi aman dan layak juga dapat mengurangi tingginya angka kematian bayi balita” Ujar Sekda Kab. Nias.

Menurutnya, kesehatan merupakan salah satu dari tiga faktor utama selain pendidikan dan ekonomi yang menentukan Indeks Pembangunan Sumber Daya Manusia. Lebih daripada itu, kesehatan menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Nias yang telah dirumuskan pada Misi ke-2 Kabupaten Nias Maju, yakni “Kesehatan, Pendidikan dan SDM Beranjak”.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh Camat, Kepala UPTD Puskesmas dan OPD terkait untuk Bekerjasama mencapai target desa ODF sehingga Kabupaten Nias menuju Kabupaten Stop BABS di tahun mendatang, Membentuk tim Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa untuk mengidentifikasi permasalahan dan kendala, Merumuskan rencana tindak lanjut yang konkret dan terintegrasi, dilansir dari niaskab.go.id.

Akhirnya, dengan memohon berkat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, Atas Nama Pemerintah Kabupaten Nias menyatakan Kegiatan Sosialisasi Instruksi Bupati Tentang Program Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Nias Tahun 2024 dibuka secara resmi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Nias, Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias, Kepala Dinas PKP2LH Kabupaten Nias, Kepala Dinas Sosial PMDP2A Kabupaten Nias, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten Nias, Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Nias dan Tenaga Sanitasi Lingkungan/Penanggung Jawab Kesehatan Lingkungan di UPTD Puskesmas se-Kabupaten Nias. (Wardiy)

Artikulli paraprakPolres Tebing Tinggi Amankan Penemuan Granat MK 5 di PTPN IV Kebun Gunung Pamela
Artikulli tjetërKukuhkan Perpanjangan Masa Keanggotaan BPD, Wali Kota “Bangun Kolaborasi Harmonis Dengan Pemdes”