Serka Abdul Hakim Bantu Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi

344

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Babinsa Koramil 20/Pante Bidari Kodim 0104/Atim Serka Abdul Hakim membantu pak Nasrul yang sedang membuat pakan ternak dengan cara fermentasi berlokasi di Desa Seuneubok Tuha, Kecamatan Pente Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Senin (14/3/2022).

Salah satu yang menjadi masalah yang dialami oleh para petani adalah pakan ternak, untuk itu diperlukan adanya inovasi pakan ternak salah satunya dengan cara fermentasi.

Seperti yang dilakukan oleh Nasrul yang didampingi oleh Serka Badul Hakim saat membuat pakan ternak dengan memfermentasikan rumput dan dedaunan dengan dicacah secara manual.

Serka Abdul Hakim mengatakan mengatakan bahwa kegiatan pendampingan pembuatan pakan ternak tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui terobosan pembuatan pakan ternak dengan sistem fermentasi mengunakan rumput gajah, dedak, konsentrat dan air garam.

“Melalui terobosan pembuatan pakan ternak dengan sistem fermentasi tersebut akan memudahkan para peternak dalam penyediaan pakan, hal ini dikarenakan para peternak dapat menentukan sendiri berapa banyak jumlah pakan yang ingin di produksi,” ujar Babinsa.

Selanjutnya, kita berharap Kegaitan yang dilakukan oleh Narsul ini dapat menjadi motivasi dan terobosan yang positif untuk di tiru oleh para peternak yang lainnya, dengan menggunakan sistem fermentasi ini secara tidak langsung dapat memudahkan para petani dalam penyediaan pakan ternak, tutupnya. (AA)