Selama Kunker Presiden RI di Bali, Pangdam IX/Udayana Yakinkan Berjalan Aman dan Lancar

274

BADUNG (Bali) ketikberita.com | Serangkaian agenda Kunjungan kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Provinsi Bali dalam rangka meninjau langsung kesiapan pelaksanaan KTT G20 dan hari ini Rabu (9/11/2022), selesai meninjau pelaksanaan TFG Pengamanan Presidensi KTT G20 di Gor Praja Raksaka Kepaon. Presiden RI meresmikan Gedung VVIP “Kreta Bhawana Sanggraha” Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung.

Selain meresmikan Gedung VVIP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pada kesempatan tersebut juga Presiden RI menyatakan peresmian Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Sampalan, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Provinsi Bali.

Selesai acara peresmian, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Presiden RI beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Phnom Penh, Kamboja, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya pada 10-13 November 2022.

Selama Kunker Presiden RI di Provinsi Bali, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Panglima Komando Operasi Pengamanan (Pangkoopspam) VVIP selalu hadir untuk meyakinkan selama kegiatan Presiden bersama rombongan berjalan aman dan lancar.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, pada Pasal 7 ayat 2b dijelaskan menyangkut Tugas Pokok TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dinyatakan pada poin ke 7 yaitu mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya.

Sehingga Pangdam IX/Udayana selaku Pangkoopspam VVIP bersama aparat pengamanan lainnya mendampingi selama rangkain kegiatan Presiden maupun Wakil Presiden di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. (Red/Udy)