Safari Jumat di Masjid Al Hikmah Bajak V Harjosari II, Pemko Medan Terus Dorong Wujudkan Masjid Mandiri

123

MEDAN ketikberita.com | Melalui Safari Jumat Pemko Medan terus mendorong masjid di Kota Medan untuk menjadi masjid Mandiri. Selain sebagai tempat ibadah, program masjid mandiri juga akan menjadikan masjid sebagai sentra kegiatan masyarakat, baik jtu kegiatan sosial, politik, pendidikan dan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

Seperti safari Jumat yang dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman di Masjid Al Hikmah Jalan Bajak V Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas, Jumat (4/5), program masjid mandiri ini terus digaungkan di tengah jamaah masjid.

Dijelaskan Aulia Rachman, dalam program masjid mandiri terdapat beberapa point yang harus dilaksanakan, salah satunya adalah koperasi Masjid. Dengan adanya koperasi nantinya akan terbangun perekonomian di masjid yang dapat memproteksi warga di seputaran masjid. Artinya berjalannya perekonomian di masjdi ini nantinya jangan sampai ada warga di sekitar yang kehidupannya tidak berkecukupan, jamaah Masjid tidak mengetahuinya.

“Jika orang banyak ke masjid, maka masjidnya akan menjadi makmur sehingga perekonomian bisa hidup. Oleh karenanya melalui program masjid mandiri kita bangun koperasi. Memang harganya sedikit lebih mahal tapi setidaknya yang lebih mahal itu konsep sedekah yang dilakukan oleh jamaah masjid untuk membantu warga warga susah yang ada di sekitar masjid. konsep inilah yang ingin dibangun oleh pemko medan berkolaborasi dengan masjid yang ada di seluruh Kota Medan,” Kata Wakil Wali Kota Medan.

Dijelaskan Aulia Rachman, saat ini sudah ada sekitar 36 koperasi masjid yang berdiri dan mendapatkan bantuan dari Pemko Medan. Artinya Pemko Medan memberikan bantuan sembako untuk koperasi masjid itu bayarnya perbulan. Agar meringankan beban BKM Masjid yang membangun koperasi, sehingga mereka dapat untung dan masyarakat juga dapat pahala sebuah kebaikan.

“Selain mendorong masjid untuk mendirikan koperasi yang menjadi salah satu point masjid mandiri. Kita juga akan mengedukasi masyarakat terkait program ini agar masyarakat lebih mengetahui dan dapat memanfaatkan koperasi ini untuk memenuhi kebutuhannya. Artinya sekaligus belanja juga akan mendapatkan pahala,” Sebut Wakil Wali Kota Medan.

Selanjutnya dalam momentum safari Jumat ini, Pemko Medan juga menyerahkan bantuan untuk Masjid Al Hikmah sebesar Rp 50 juta yang diserahkan Aulia Rachman kepada Ketua BKM Masjid Drs Khodirun Sinaga. Selain itu Wakil Wali Kota Medan juga menyerahkan Akte Pendirian Koperasi Al Hikmah kepada Ketua Koperasi Mardani Siregar.

Sebelumnya Ketua BKM Masjid Al Hikmah Khodirun Sinaga mengungkapkan atas nama Jamaah masjid dirinya mengapresiasi program masjid mandiri dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pemimpin Kota Medan di masjid tersebut. Dijelaskannya saat ini masjid memiliki berbagai program syiar agama dan program perekonomian sesuai dengan point masjid mandiri.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi Pemko Medan atas program Masjid Mandiri. Berbagai bantuan diberikan Pemko Medan untuk masjid Al Hikmah diantaranya bantuan untuk Renovasi Masjid, bantuan penerbitan Akte Pendirian Koperasi dan berbagai bantuan pendukung lainnya untuk masjid. Terima kasih pak,” Jelasnya.

Selanjutnya Wakil Wali Kota Medan bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan dan segenap Pimpinan OPD yang hadir diantaranya Kadis Koperasi dan UKM Benny Iskandar, Kadis Ketapang Emilia Lubis, Kadispora Pulungan Harahap meninjau koperasi masjid Al Hikmah dan meninjau bantuan steling yang diberikan Dinas Ketapang sebagai dukungan untuk program masjid mandiri. (er)