Residivis dan Pengangguran, Pria Berbadan Tambun Pelaku Penggelapan Satu Unit Sepeda Motor Nginap di Sel Mapolsek Rambutan

120

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Kapolsek Rambutan Resor Tebing Tinggi AKP Haposan Samosir S.Pd bersama Kanit Reskrim Polsek berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki berinisial H alias Anto, Laki-laki.56 tahun, seorang pengangguran, warga Kelurahan Tualang, Gang Palapa, Kecamatan Padang Hulu Kota Tebingtinggi.
Pelaku diduga telah melakukan Tindak Pidana Penggelapan. Kamis (29/4/2021).

Kepada wartawan, Minggu malam (2/5/2021), Kapolsek Rambutan AKP Haposan Samosir S.Pd melalui Kasubbag Humas Polres Tebingtinggi AKP Josua Nainggolan lewat siaran pers-nya, membenarkan adanya penangkapan terhadap seorang laki-laki diduga telah melakukan tindak pidana penggelapan.

Dijelaskan Kasubbag Humas, penangkapan dilakukan personil Reskrim Polsek Rambutan, berbekal dari adanya laporan oleh salah seorang korban yakni, Suwandi, Laki-laki 27 tahun, warga Jalan Karya Jaya Lingkungan IV, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, pada hari Kamis (29/4/2021) sekira pukul 23.43 WIB, ke Mapolsek Rambutan dengan mengikut sertakan dua orang saksi yakni Anto Laki-laki 32 tahun, warga Kota Tebingtinggi dan Juli, Laki-laki 35 tahun, warga Persiakan Kota Tebingtinggi.

Kasubbag Humas juga menceritakan mengenai kronologis kejadian yaitu pada hari Kamis, 20 April 2020, sekira pukul 17.00 WIB, Korban Suwandi bersama dengan Pelaku H alias Anto pergi ke Kelurahan Lalang dengan mengendarai 1 (satu) Unit Sepeda Motor Suzuki Shogun, BK 2507 NT, Tahun 2005, warna biru dengan cara berboncengan.

Setelah sampai di Kelurahan Lalang pelaku H alias Anto mengatakan kepada korban Suwandi “Aku pinjam dulu ya keretamu, mau ngambil uang sama saudara” lalu Korban Suwandi memberikan sepeda motor beserta kunci kontak kepada pelaku H alias Anto selanjutnya Korban Suwandi menunggu pelaku H alias Anto, namun pelaku dan sepeda motor korban tidak kembali.

Akibat dari kejadian tersebut korban dirugikan karena telah kehilangan 1 (satu) Unit Sepeda Motor Suzuki Shogun, BK 2507 NT, Tahun 2005, warna biru, bernomor rangka : MH8FD125X5J-427387, nomor mesin : F403-ID-427151. Secara materi kerugian ditaksir sebesar Rp.5.000.000,- (Lima juta rupiah) dan merasa keberatan sehingga membuat laporan ke Polsek Rambutan.

Mendapat laporan tersebut Unit Reskrim Polsek Rambutan melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka di Kabupaten Batubara, tepatnya di daerah Indrapura. Kemudian tersangka dan barang bukti diamankan dan dibawa ke Polsek Rambutan untuk.l proses hukum selanjutnya.

Terhadap tersangka telah dilakukan penahanan dan dipersangkakan telah melakukan tindak pidana Penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 dari KHUPidana. Papar Kasubbag Humas.

Dikatakan Kasubbag Humas bahwa pelaku H alias Anto merupakan residivis karena sudah enam kali melakukan penggelapan sepeda motor dengan modus meminjam dan satu kali melakukan pencurian yakni, satu kali di Siantar, satu kali di Perdagangan, satu kali di Kisaran, satu kali di Labuhan Batu dan dua kali di Tebingtinggi. Terang Kasubbag Humas. (Ardian)