Raker Komwil I Apeksi 2023, Bobby Nasution Berharap Lahir Kebijakan Sesuai Kebutuhan Masyarakat Guna Tingkatkan Potensi Daerah

165

BATAM ketikberita.com | Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) akan melahirkan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat guna meningkatkan potensi daerah masing-masing.

“Rapat Kerja (Raker) ini diharapkan dapat melahirkan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan potensi terbaik berdasarkan karakteristik dan kearifan lokal di daerah kita masing-masing,” kata Bobby Nasution yang juga Ketua Komwil I Apeksi saat Pertemuan Raker Komwil I Apeksi tahun 2023 di ballroom hotel Marriott Harbour Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (14/6).

Dalam pertemuan yang dibuka oleh Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya Sugiarto yang juga Wali Kota Bogor, Bobby Nasution mengajak 23 Wali Kota yang tergabung dalam Komwil I Apeksi dari 5 Provinsi ini dapat memperjuangkan kebijakan dan anggaran untuk mendukung peningkatan pembangunan dan pelayanan publik di wilayahnya, Salah satunya langkah pemulihan perekonomian di masing-masing wilayah.

“Kita harus mampu mengambil peran besar pasca krisis yang belakangan ini terjadi untuk kembali menstabilkan perekonomian kita. Salah satunya dengan meningkatkan peluang bisnis melalui keberadaan UMKM,” Ujar Bobby Nasution pada Pertemuan yang mengambil tema ‘bersinergi untuk peningkatan Investasi dan Pengendalian Inflasi’.

Bobby Nasution menambahkan seluruh Pemko Komwil I Apeksi dapat memanfaatkan momentum raker ini untuk menyampaikan keunggulan serta potensi yang dimiliki daerah masing-masing. Hal ini sebagai upaya untuk saling membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama terhadap pasokan pangan.

“Raker Komwil ini adalah peluang yang sudah ditandatangani dan kita lihat daerah mana saja yang komoditi-komoditi contohnya atau produknya yang kita butuhkan di daerah kita, dan ada di daerah anggota Komwil I yang bisa kita kerja sama,” Ungkap Bobby Nasution

Menurut Bobby Nasution, Apeksi dituntut untuk terus berupaya menjadi organisasi yang terpercaya dan profesional di bidang pemerintahan perkotaan melalui pembangunan yang demokratis, transparan, otonomi yang bertanggung jawab sesuai struktur pemerintahan kota yang berlaku di seluruh NKRI.

“Dengan terbentuknya pembangunan yang demokratis, transparan dan bertanggung jawab ini, kita mampu mendukung terciptanya kehidupan masyarakat yang aman dan nyaman. Jangan sampai kita melupakan bahwa masyarakat adalah bagian terpenting dalam keberlangsungan sistem pemerintahan yang kita pimpin,” Jelas Bobby Nasution.

Selanjutnya Bobby Nasution juga berharap pertemuan ini mampu membentuk dan merumuskan rekomendasi, kebijakan serta program kerja ke depannya yang akan kita lakukan demi merealisasikan pelaksanaan otonomi luas, nyata dan bertanggung jawab demi memperjuangkan kehidupan pemerintahan di wilayah kerja masing-masing.

Pada pertemuan Raker Komwil I Apeksi yang berlangsung dari tanggal 13-15 Juni 2023 ini Bobby Nasution bersama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Wakil Ketua Komwil I Apeksi ( Wali Kota Solok, Wali Kota Tanjung Pinang, Wali Kota Binjai) dan 19 Wali Kota yang tergabung dalam Komwil I Apeksi melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama disaksikan Ketua Dewan Pengurus Apeksi.

Sementara itu Bima Arya, Ketua Dewan Pengurus APEKSI mengungkapkan Raker Komwil I APEKSI yang melibatkan sebanyak 24 pemerintah kota di Komwil I dapat saling bertukar informasi terhadap potensi yang dimiliki daerah masing-masing. Artinya saling bertukar informasi dengan fokus tetap sinergi untuk pertumbuhan ekonomi dan pencegahan inflasi.

“Dalam Raker ini 24 Kota yang tergabung dalam Komwil I Apeksi dapat bekerjasama dan saling bertukar potensi. Apalagi dalam pertemuan ini juga telah ditandatangani kesepakatan bersama,” Jelas Bima Arya. (red)