Puluhan Tahun Warga Gang Balai Desa Titi Kuning Medan Belum Nikmati Air Bersih PAM Tirtanadi

276

MEDAN ketikberita.com | Puluhan warga Jalan Brigjen Zein Hamid Lingkungan X Gang Balai Desa Kelurahan Titi Kuning Medan dewasa ini resah. Karena pemakaian air sumur bor (pompa) diduga sudah terkontiminasi dengan air limbah keluarga (subtiteng) yang jaraknya berdekatan dengan rumah penduduk lainnya. Kondisi tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan manusia.

“Kami mohon Bapak Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution membantu menyelesaikan keresahan kami untuk memperoleh air bersih dari PAM Tirtanadi Sumatera Utara (Sumut),” kata warga Gang Balai Desa, Nurlela pada wartawan, Sabtu, (19/11/2022).

Hal senada juga dilontarkan sejumlah warga setempat, yang dewasa ini berharap agar mereka dapat memperoleh bantuan pipanisasi dari Bapak Wali Kota Medan cq Dinas Perkim Kota Medan sebagaimana yang telah diperoleh masyarakat sebelumnya di beberapa gang yang ada di Kelurahan Titi Kuning Medan.

Warga mengaku tidak sanggup mengeluarkan uang untuk membiayai pipanisasi dari PAM Tirtanadi mencapai puluhan juta rupiah. “Panjang gang Balai Desa sampai ujung (Buntu) sekitar 200 M.

Setengah tahun lalu, warga juga sudah mengajukan permohonan kepada Bapak Wali Kota Medan cq Dinas Perkim Kota Medan. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda untuk direalisasikan. Sementara kebutuhan masyarakat terhadap air bersih dinilai warga sudah sangat mendesak untuk mewujudkan keluarga sehat.

“Sampai kapan permohonan bantuan pembiayaan pipanisasi dari Bapak Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution terealisasikan, kami tidak tahu pasti,” kata Nurlela.

Sebelumnya, hal tersebut juga sudah ditanyakan kepada petugas PAM Tirtanadi Medan, namun diperoleh keterangan,, bahwa pihaknya hingga pertengahan November 2022 belum menerima berkas persetujuan permohonan bantuan pipanisasi dari Pemko Medan cq Dinas Perkim Kota Medan.

Sementara itu pihak Kelurahan Titi Kuning Medan saat dikonfirmasi hal tersebut menyatakan, sudah dilakukan pengecekan ulang ke Dinas Perkim Kota Medan bulan ini, namun belum juga mendapat sentuhan realisasi dari dinas tersebut.

“Kami ingin permohonan bantuan pipanisasi tersebut secepatnya direalisasikan bagi warga Gang Balai Desa yang bersebelahan dengan Kantor Kelurahan Titi Kuning Medan,” kata Sekretaris Lurah Kelurahan Titi Kuning Medan, Mutia didampingi Kepala Lingkungan X, M.Sarjan Havis Sitepu usai acara kegiatan penguatan wawasan kebangsaan yang digelar Anggota DPRD Sumut, Kuat Surbakti, S.Sos di Gang Manggis Lingkungan X, Minggu (20/11/2022).

Warga berharap kepada Bapak Wali Kota Medan, Bobby Afif NAsution agar secepatnya merealisasikan permohonan mereka demi memperoleh kehidupan keluarga yang sehat sesuai harapan bersama. “Kami minum dari air isi ulang dan tidak memakai air dari sumur bor. Karena kuatir bisa mengganggu kesehatan keluarga kami,” pungkas Ani, Rabu, (23/11/2022). (r/red)