PT INALUM Berikan CSR, BUMDES Simbur Barokah Jaya Buka Lokasi Wisata Kuliner dan Pembudidayaan Ikan Air Tawar

73

KISARAN (Sumut) ketikberita.com | PT INALUM (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL), dengan target SDGs no. 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi selaras dengan upaya peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Salah sektor usahanya adalah pembibitan dan pembudidayaan ikan air tawar di Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Song-songan, Kabupaten Asahan.Berperan operator unit usaha adalah “Bumdes Simbur Barokah Jaya” desa setempat yang bekerja sama dengan Koperasi Indonesia.

Acara tabur bibit ikan berlangsung Jumat 21 Mei 2021 dihadiri oleh Kepala Desa Marjanji Aceh, Royani Sianipar yang juga berperan sebagai penasehat Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Simbur Barokah Jaya. Manager Bumdes Azwan Syah Panjaitan, Ketua Koperasi sekaligus Ketua Koordinator Perikanan Kecamatan Aek Songsongan Hadinoto, anggota BPD Marjanji Aceh, Arfandi Siregar, serta Perwakilan dari PT Inalum (Persero) bersama-sama dengan beberapa karyawan Simbur Barokah Jaya dan masyarakat sekitar. Benih bibit ikan yang ditebar dan dibibitkan adalah jenis ikan ikan Air Tawar, seperti Nila, Ikan Mas, dan Gurami.

Simbur Barokah Jaya mulai berdiri pada bulan Juni tahun 2020, Karyawan yang bekerja di Bumdes ini terdiri dari 6 orang ibu – ibu PKK dan juga 25 orang dari koperasi Indonesia.

Latar belakang Ibu Rayani Sianipar mendirikan dan mejalankan Bumdes Simbur Barokah Jaya ini selain untuk menciptakan destinasi wisata di daerahnya, juga untuk menciptakan lapangan pekerjaan berupa budi daya ikan Air Tawar. Sehingga objek wisata ini dapat memberikan nilai edukasi kepada para pengunjung, serta tentunya bermanfaat ekonomi bagi pengelola dan masyarakat sekitar.

Manager CSR & PKBL PT INALUM M,Zainuddin Iqbal Sudabutar nenguraikan,untuk mengembangkan salah satu destinasi wisata yang potensial ini, Inalum telah memberikan bantuan pengembangan usaha ikan Air Tawar guna mendukung lokasi tersebut menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang nyaman dan ramah lingkungan.

Sangat dibutuhkan pembangunan gazebo-gazebo area lokasi pengembangan kolam Ikan yang tertata dengan indah dam asri,lanjut Zainuddin. Pihak Inalum berharap area ini dapat menjadi salah satu tempat untuk kegiatan gathering, camping ground ataupun acara keluarga lainnya sehingga mampu meningkatkan pendapatan kelompok Simbur Barokah Jaya dan masyarakat sekitar.

Berkaitan dengan acara Tabur Benih Ikan Air Tawar ini,Kepala Desa Marjanji Acah,Rayani Sianipar menyampaikan harapannya agar BUMDES Simbur Barokah Jaya dapat berjalan dan berkembang dengan baik bersama-sama dengan karyawan yang ada serta masyarakat sekitar tentunya. Rayani berharap bantuan yang diberikan PT Inalum dapat membuat BUMDES Simbur Barokah Jaya lebih berkembang dan maju. (Benigno Akuindo Sitorus)