Polsek Tebing Tinggi Gelar Mediasi Warga Desa Penggalian Dengan Pihak Perkebunan PT. PP Lonsum Sibulan

137

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Polsek Tebingtinggi melalui Bhabinkamtibmas Bripka Muhammad Dani lakukan mediasi dan koordinasi antara warga Desa Penggalian dengan pihak perkebunan PT. PP Lonsum Kebun Sibulan. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu (30/9/2023) sekira pukul 17.00 WIB di Kantor Desa Penggalian, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Mediasi dan koordinasi itu digelar dalam rangka akan dilakukannnya normalisasi (pengorekan kembali) parit aliran dari kebun menuju parit warga di Dusun II Desa Penggalian agar tidak terjadi genangan air di Jalan lintas Desa Sibulan menuju Desa Penggalian yang bisa menyebabkan limpahan air ke halaman dan berkemungkinan memasuki rumah warga.

Kapolsek Tebingtinggi AKP Saepullah, S.Sos melalui Kasi Humas Polres Tebingtinggi AKP Agus Arianto membenarkan adanya kegiatan mediasi dan koordinasi antar warga Desa Penggalian dengan pihak perkebunan PT. PP Lonsum Kebun Sibulan.

”Ini dilskukan agar dalam mediasi itu mendapatkan kesepakatan bersama antara warga dengan pihak perkebunan atas rencana normalisasi aliran parit kebun yang akan melintasi parit warga Desa Penggalian dan untuk menjaga dan mengantisipasi adanya kesalah pahaman dalam mengambil keputusan antara warga dengan pihak perkebunan” ucap AKP Agus.

Dilanjutnya, melalui mediasi dan koordinasi tersebut, pihak perkebunan PT. PP Lonsum Sibulan telah menyetujui untuk memberikan bantuan pengerjaan normalisasi saluran air di Dusun II menuju sungai Bahilang dan saluran air lainnya yang berada di dua titik aliran lain mengingat saluran air tersebut adalah juga merupakan aliran dari perkebunan Lonsum Sibulan, tutur Agus.

Selain itu, personel Bhabinkamtibmas Polsek Tebingtinggi juga menyampaikan pesan Kamtibmas kepada para warga agar selalu menjaga keamanan, ketertiban dilingkungan tempat tinggal masing-masing begitupula dengan pihak perkebunan agar tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja serta menjaga keamanan dilingkungan kerja sehingga tercipta ke kondusifan di wilayah hukum Polsek Tebinggtinggi Resor Polres Tebingtinggi, ujar Agus.

Kegiatan berlangsung aman dan kondusif. Turut hadir Camat Tebing Syahbandar Alfian Purba, Kepala Desa Penggalian, Kepala Dusun II, perwakilan pihak perkebunan PT. PP Lonsum Sibulan, tokoh masyarakat setempat dan para warga. (ar)