Pj Gubsu Buka MTQ ASN Non ASN Lintas Instansi se Sumut Perumda Tirtanadi Jadi Tuan Rumah

28

MEDAN ketikberita.com | Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin sangat mendukung sekaligus memberikan apresiasi kolaborasi yang dilakukan Perumda Tirtanadi dengan Ikatan Persaudaraan Qari/Qarih dan Hafiz/Hafizah (IPQAH) Sumut.

“Saya sangat mendukung gagasan yang bagus kolaborasi Perumda Tirtanadi bersama IPQAH Sumut, kedepan kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan di instansi lainnya,”kata Pj Gubernur Sumut Hassanudin ketika membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ASN Non ASN, lintas Instansi BUMN/BUMD, Dunia Usaha dan Dunia Industri serta TNI dan Polri, Perumda Tirtanadi jadi tuan rumah yang berlangsung di Mesjid Ma’ul Hayah Perumda Tirtanadi Jl SM Raja Medan Kamis (28/3/2024).

Lebih jauh Pj Gubsu mengatakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan syiar Islam serta mendorong umat Islam untuk meningkatkan pengetahuan memahami isi dan makna maupum seni dalam membaca Alqur’an.

Dikatakan Pj Gubernur Hassanudin pelaksanaan MTQ sejatinya dapat meningkatkan jejak – jejak peradaban yang ditandai berubahnya pola pikir kebiasaan maupun karakter dengan pemikiran yang lebih maju dimasa yang akan datang.

“Majunya suatu peradaban itu ditandai dengan meningkatnya Sumber Daya Mansuia (SDM) yang tidak hanya dilihat dari akademiknya akan tetapi harus selaras dengan ilmu agamanya,”ujar Pj Gubsu Hassanudin.

Pj Gubsu berharap MTQ yang digelar ini dapat membangkitkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat, kiranya dapat mengamalkan isi Alqur’an pada seluruh lini kehidupan.

Sedangkan kepada peserta Pj Gubsu juga berpesan kiranya dapat menjadikan momen MTQ untuk lebih meningkatkan pengetahun serta mengamalkan isi Alqur’an dimana tempat bekerja masing – masing. Pj Gubsu Hassanudin dalam kesempatan tersebut memberikan hadiah umroh untuk pemenang terbaik.

Adapun pembukaan MTQ ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Pj Gubsu Hassanudin yang diwakili dari TNI Serda Nugroho Abdi Siswoyo dari Polri Bripda Mhd Habib Nst Alhafiz serta perwakilan pegawai Tirtanadi Rahmat Lubis.

Sementara Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi mengatakan kegiatan MTQ akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 29 hingga 31 Maret 2024.

Diharapkan lanjut Kabir Bedi dengan pelaksanaan MTQ antar lintas Instansi dapat menarik minat masyarakat untuk lebih mengembangkan kemampuan bacaan seni Alqur’an dengan baik dan benar dan merupakan syiar agama yang sangat efektif.

“Insya Allah sebagaimana harapan pak Pj Gubsu tadi event seperti ini akan menjadi rutinitas Tirtanadi yang akan terus berlanjut dan semoga Instansi yang lain dapat juga melaksanakannya,”ujar Kabir Bedi yang juga Ketua Aquatik Sumut.

Kabir Bedi berharap dari MTQ ini akan lahir qori dan qoriah maupun hafiz/hafizah yang terbaik di Sumatera Utara yang mampu bersaing lagi ditingkat nasional maupun internasional yang mengharumkan nama Sumatera Utara.

Disamping itu Ketua DPW IPQAH Sumut Asren Nasution menyampaikan MTQ ini diikuti 135 peserta, terdiri dari 35 orang ASN , 55 Non ASN, sedangkan BUMN/BUMD 25 orang, adapun TNI 5 orang dan Polri 12 orang.

Turut mengjadiri pembukaan MTQ tersebut Dewan Pengawas Tirtanadi Silmi, Kepala OPD Pemprovsu, Direktur Admistrasi dan Keuangan Tirtanadi Humarkar Ritonnga, Direktur Air Minum Ewin Putera, Direktur Air Limbah Fauzan Nasution, para Kadiv dan Kabid serta pegawai Tirtanadi serta undangan lainnya. (red)