Pimpinan Perangkat Daerah Pemko Medan Ikuti Evaluasi Rancangan Proyek Perubahan

182

MEDAN ketikberita.com | Pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan mengikuti Evaluasi Rancangan Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX Tahun 2023, Jumat (19/5) di kantor BPSDM Sumut, Jalan Ngalengko Medan. Mereka mempresentasikan rancangan tersebut di hadapan coach penguji dan mentor.

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman. Sebagai mentor, dia mengikuti kegiatan evaluasi itu dan memberikan masukan kepada pimpinan perangkat daerah yang menjalani kegiatan evaluasi rancangan proyek perubahan itu.

Perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan yang dimentori oleh Wakil Wali Kota itu yakni Kepala Satpol PP, Rakhmat Harahap, Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Baginda P. Siregar, dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Illyan Chandra. Ketiganya juga diuji oleh coach Dr. Ir. Hairulsyah, M.Si. dan Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si.

Dalam kegiatan itu, Rakhmat, Baginda, dan Illyan mempresentasikan Rancangan Proyek Perubahan. Rakhmat memaparkan rancangan zonasi pedagang kaki lima, Baginda mengetengahkan rancangan Paket Pelayanan Administrasi Kependudukan atau Pelana, dan Illyan menyampaikan tentang Amplifikasi Pelayanan Ketenagakerjaan di Kota Medan melalui aplikasi Sipaten.

Sebagai mentor, Aulia menyampaikan secara umum rancangan ketiga pimpinan perangkat daerah itu sudah baik. Namun dia tetap memberikan masukan untuk mematangkan rancangan tersebut. Kepada Rakhmat, Wakil Wali Kota mengingatkan agar disain zonasi pedagang kaki lima tidak merusak estetika kota sekaligus.

Untuk Baginda dan Ilyan, Wakil Wali Kota Medan memberikan masukan agar aplikasi Pelana dan Sipaten itu terintegrasi dengan perangkat-perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan. Selain itu, informasi-informasi tentang pelayanan disebarkan secara massif dan sederhana agar masyarakat bisa dengan mudah mengaksesnya.

Hari ini beberapa pimpinan perangkat daerah lainnya juga mengikuti tahapan Evaluasi Rancangan Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional ini. Mereka ialah Asisten Administrasi Umum Setdako Ferri Ichsan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sutan Tolang Lubis, Kepala Dinas Kesehatan dr. Taufik Ririansyah, dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Mansurysah. Keempat pimpinan perangkat daerah ini dimentori oleh Sekda Wiriya Alrahma. Sedangkan bertindak sebagai coach penguji mereka adalah Drs. Setia Budi, M.M dan Aprilia Siregar, S.H., M.H.

Selain itu, tiga pimpinan perangkat daerah di lingkugnan Pemko Medan lainnya juga mempresentasikan rancangan proyek perubahannya. Mereka adalah Kadis Sosial Khoiruddin, Kadis Koperasi UKM Perdagangan Perindustrian Benny Iskandar Nasution, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Benny Sinomba Siregar. Mentor ketiga pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan ini adalah Inspektur Sulaiman Harahap. Sedangkan coach penguji mereka adalah Dr. Drs. Abdul Rajab, M.M. dan Dr. Kasman Turnip, M.Si.

Seluruh pimpinan perangkat daerah yang mengikuti evaluasi ini memprensentasikan rancangan proyek perubahannya dengan tenang dan sistematis. Masukan-masukan, baik dari mentor maupun coach penguji, mereka terima dengan baik. (er)