Persiapan Pemilu 2024, Polres Tebing Tinggi Gelar Sispam Kota

77

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Dalam rangka persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Polres Tebingtinggi yang dipimpin Waka Polres Kompol Asrul Robert Sembiring, S.H, M.H laksanakan kegiatan Sispam Kota di Kantor KPU Kota Tebingtinggi. Kegiatan tersebut berlangsung di Jalan Rumah Sakit Umum, Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Tebingtinggi Kota, Kota Tebingtinggi, Rabu (18/10/2023) sekira pukul 09.30 WIB.

Pelaksanaan Sispam Kota ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024 dengan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024 diwilayah hukum Polres Tebingtinggi.

Kegiatan dihadiri oleh Waka Polres Tebingtinggi Kompol Asrul Robert Sembiring, Pejabat Utama Polres, Kapolsek Sejajaran, Wadanki 1 Batalyon B Sat Brimob Iptu Heddy Marpaung, Ketua KPU Rudi Herwin, Komisioner Divisi Data KPU Emil Sofyan, dan Kabid Trantibum Sat Pol PP Sariahman Damanik.

Kegiatan Sispam Kota diikuti oleh 5 pleton pasukan gabungan yang terdiri 1 pleton PHH Brimob, 1 pleton Dalmas Lanjut, 1 pleton Dalmas, 1 pleton negosiator dan 1 pleton Sat Pol PP.

Sebelum pelaksanaan, diawali dengan apel konsolidasi yang dipimpin Waka Polres Tebingtinggi. Dalam sambutannya Waka Polres menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Polres Tebingtinggi menghadapi Pemilu tahun 2024, oleh karena itu kegiatan ini harus dilaksanakan dengan serius dikarenakan kegiatan ini akan kita laporkan kepada pimpinan.

Dalam pelaksanaannya, simulasi dimulai informasi dari Sat Intelkam bahwa hari ini akan terjadi aksi unjuk rasa dari massa pendukung, adapun yang melatar belakangi unjuk rasa ini, karena massa merasa keberatan dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara di PKK.

Kemudian massa mulai berkumpul di depan kantor KPUD Kota Tebingtinggi untuk melaksanakan unjuk rasa, namun dihalangi personel yang melaksanakan pengamanan di KPUD.

Beberapa saat kemudian, pasukan dalmas tiba di Kantor KPUD Tebingtinggi, lalu ditempatkan pasukan dalmas awal dan pleton polwan sebagai tim negosiator di depan gerbang Kantor KPUD, kemudian tim negosiator melakukan negosiasi dengan para pengunjuk rasa.

Namun massa terus berteriak teriak dan melakukan upaya paksa untuk masuk ke Kantor KPUD Tebingtinggi, sementara itu tim negosiator melakukan negoisasi dengan mengajak beberapa perwakilan untuk menemui perwakilan dari Ketua KPUD dan disisi lain pleton dalmas lanjut melaksanakan persiapan.

Semakin lama massa semakin rusuh dan semakin anarkis, massa menerobos barikade Polisi dan mencoba masuk ke kantor KPUD Tebingtinggi dan akhirnya massa berhasil menerobos barikade Polisi untuk mencoba masuk kedalam kantor KPUD tersebut.

Selanjutnya tim dalmas melakukan lintas ganti dari dalmas awal ke dalmas lanjut, dan diwaktu bersamaan tim negosiator melakukan himbauan kepada pengunjuk rasa agar tidak melakukan tindakan melanggar hukum dan segera menyerahkan peralatan ataupun barang barang berbahaya lainnya kepada petugas.

Dikarenakan massa masih tetap melakukan tindakan anarkis dan semakin rusuh, kemudian pleton dalmas melakukan lintas ganti dari dalmas lanjut kepada PHH Brimob. Lalu tim pleton PHH Brimob melakukan pendorongan terhadap massa dan memecah massa dan akhirnya massa berhasil dibubarkan.

Kasi Humas Polres Tebingtinggi AKP Agus Arianto dalam keterangannya menyebutkan, bahwa benar telah dilaksanakan simulasi Sispam Kota bertempat di kantor KPUD Tebingtinggi.

”Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan dan kesiapan Polres Tebingtinggi menghadapi Pemilu tahun 2024,” tutup Kasi Humas. (ar)