Pemkot Langsa Terima Bantuan Sosial Dari Kementrian Sosial RI

125

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Pemerintah Kota Langsa menerima bantuan sosial atau perlengkapan lumbung sosial dari Kementerian Sosial RI untuk korban bencana alam dalam wilayah Kota Langsa.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Edy Suwarna, M.Si mewakili Plt. Direktur PSKBA Kemensos RI yang diterima Wakil Walikota Langsa di dua lokasi Gampong Paya Bujok Tunong, kec. Langsa Baro dan Gampong Seulalah, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Rabu (9/2/2022).

Wakil Walikota Langsa, mengucapkan terima kasih kepada PSKBA Kemensos RI karena bantuan itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat disaat menghadapi bencana alam.

Sambungnya, apa lagi kota langsa ada beberapa titik rawan terjadi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung dan kebakaran. Sehingga, dibutuhkan logistik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok.

“Dan Pemerintah kota Langsa sangat berterimakasih atas perhatian pemerintah pusat kepada kami di daerah,” tandas Marzuki Hamid.

Wakil Walikota menambahkan, saya berharap bantuan logistik tersebut jangan sampai kadaluarsa. “Sementara peralatan seperti mesin genset, mesin pompa air dan lainnya sebagainya harus dirawat dengan baik.”

Marzuki Hamid juga berpesan “setiap Gampong di Kota Langsa supaya diaktifkannya Baitul mal dikarenakan Baitul mal Gampong bisa berfungsi sebagai lumbung sosial yang memiliki fasilitas dan logistik yang memadai untuk keperluan darurat,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Edy Suwarna, M.Si bahwa pemerintah pusat melalui kementerian sosial RI mewujudkan lumbung sosial supaya bisa memancing masyarakat memberikan bantuan serta peralatan yang dibutuhkan disaat terjadi bencana.

Dia menjelaskan dengan adanya lumbung sosial maka menjadi layanan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dalam kondisi darurat bencana.

“Barang-barang atau peralatan yang diberikan itu agar dijaga dan dimanfaatkan sesuai keperluan bencana,” imbuh.

Ada pun barang bantuan sosial perlengkapan lumbung sosial Kemensos RI yang diterima pemerintah kota Langsa diantaranya beras super 5 kg, karung, Mie Instan, sarden, air mineral, minyak goreng, kecap, saos sambal, selimut, sarung, pakaian anak, pakaian dewasa, diapers anak, diapers dewasa, pembalut wanita, obat sakit batuk pilek, obat sakit kepala, obat penurun panas, obat maag, obat diare, vitamin, minyak kayu putih, genset, mesin pompa air, mesin potong kayu, kompor gas tungku, tabung gas, kabel roll, lampu 20 Watt, steker/colokan kabel dan fitting lampu, makanan siap saji, food Ware, tenda gulung merah, matras dan kasur. (AA)