Pemkab Nias Utara Menyelenggarakan Pelatihan Manajeman dan Administrasi Serta Persiapan RAT Koperasi Tahun 2023

143

NIAS UTARA (Sumut) ketikberita.com | Dalam rangka untuk mewujudkan Koperasi yang berkualitas, berdaya saing dan mampu menerapkan manajeman koperasi dengan baik serta melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi sesuai mekanisme dan standar pelaporan koperasi yang baik, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara melaluí Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi UKM Kabupaten Nias Utara menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajeman dan Administrasi serta Persiapan RAT Koperasi Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi Tahun 2023 yang dilaksanakan di Taman Naya Kabupaten Nias Utara, Lotu, (18 Oktober 2023).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi UKM Agusman Zebua, M.Pd menyampaikan peserta manajemen dan administrasi serta persiapan RAT Koperasi bagi pengurus dan pengawas koperasi di Kabupaten Nias Utara TA.2023 berjumlah 50 orang peserta.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan manajemen dan administrasi serta persiapan RAT Koperasi bagi pengurus dan pengawas koperasi di Kabupaten Nias Utara TA.2023 selama tiga hari dari tanggal 18 Oktober sd 20 Oktober 2023, serta Narasumber dari UPTD Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi SUMUT.

Wakil Bupati Nias Utara YUSMAN ZEGA A.Pi.,M.Si pada Arahannya menyampaikan Pengurus Koperasi memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan dan mengembangkan koperasi, karna pengurus dan anggota merupakan pemilik, pengelola sekaligus sebagai pengguna barang dan jasa yang dihasilkan oleh koperasi.

Pelatihan manajemen dan administrasi serta persiapan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi bagi pengurus dan pengawas koperasi kali ini diharapkan mampu menyelesaikan berbagai masalah yang dialami oleh pelaku Koperasi khususnya di Kabupaten Nias Utara secara khusus kepada pengurus dan pengawas koperasi yang sampai saat ini untuk tahun buku 2022 yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tergolong sangat minim sebanyak 5 koperasi yang telah melaksanakan RAT, maka diharapkan setelah pelatihan ini adanya peningkatan jumlah koperasi yang melaksanakan RAT pada tahun buku yang berakhir pad tahun 2023 sehingga dapat meningkatkan kepercayaan anggota kepada pengurus.

Hadir pada pelatihan tersebut Narasumber, Kabid dan seluruh pegawai Disnakerkop serta seluruh peserta pelatihan dari berbagai UKM di Kabupaten Nias Utara dan undangan lainnya. (Wardiy)