Pemkab Nias Peringati Hari Otonomi Daerah Ke XXVII Tahun 2023

267

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias gelar upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII Tahun 2023, bertempat di Halaman Kantor Bupati Nias Desa Hilizoi, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sabtu (29/4).

Bupati Nias bertindak selaku Inspektur Upacara dan dalam hal ini seluruh peserta upacara menggunakan seragam KORPRI. Seperti diketahui, Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 bertemakan “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta upacara dan selanjutnya disusul dengan pembacaan Sejarah Otonomi Daerah oleh Petugas.

Mengawali amanatnya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si selaku Inspektur Upacara mengucapkan atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Nias mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nias.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa Otonomi Daerah bertujuan untuk mendesentralisasikan kewenangan pemerintah pusat yang dibarengi dengan kualitas sumber daya di daerah masing-masing.

Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ini dimaknai sebagai momentum untuk merefleksikan diri sejauh mana Otonomi Daerah memberi pengaruh positif yang ditandai dengan percepatan pembangunan daerah, meningkatnya IPM, dan peningkatan pembangunan lainnya.

Namun belum semua daerah dapat merasakan dampak dari desentralisasi Otonomi Daerah tersebut, dimana masih terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD di bawah 20 persen dan masih bergantung pada pemerintah pusat dan juga dari dana desa.

“Dengan adanya Otonomi Daerah, diharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk terus melakukan terobosan-terobosan dan terus berinovasi dalam meningkatkan PAD tanpa melanggar hukum dan tidak membebani rakyat serta mampu memanfaatkan peluang yg ada” ujar Bupati Nias.

Salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional yaitu dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, peningkatan sektor industri sehingga dapat membuka banyak lapangan kerja dan berkembangnya usaha sehingga hal ini dapat menopang ketahan ekonomi nasional.
Bupati Nias menyampaikan bahwa pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Nias dihadapkan dengan penurunan stunting dengan menargetkan stunting anak turun menjadi 17 persen secara nasional.

Perlu diingat bahwa stunting bisa dipicu dari keadaan Ibu dan Anak hingga faktor eksternal lainnya, termasuk pola asuh dan lingkungan. Faktor spesifik lainnya, berkaitan dengan kesehatan seperti kurang gizi dan anemia.

“Oleh karena itu, koordinasi dan sinergitas para stakeholder harus ditingkatkan di Kabupaten Nias. Mari bersama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Nias yang kita cintai ini” tegas Bupati Nias

“Kualitas Sumber Daya Manusia adalah kunci utama, terutama para ASN harus memiliki integritas, profesional, serta berkompeten” tambahnya.

Mengakhiri amanatnya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si mengucapkan Selamat memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXVII Tahun 2023.

Turut hadir pada upacara tersebut, Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas/Pejabat Fungsional yang disetarakan dan Pelaksana (Staf) pada masing-masing Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias. (Wardiy)

 

Artikulli paraprakDiduga Jadi Sarang Narkoba, Rumah Kontrakan Kosong di Gerebek Satres Narkoba Polres Tebing Tinggi
Artikulli tjetërBupati Nias Utara Hadiri Peringatan Hari Kartini Ke-144 Tahun 2023